Penerima Kartu Prakerja Mencapai 5,6 Juta Orang

Kompas.com - 23/11/2020, 20:07 WIB
Ilustrasi Kartu Prakerja. prakerja.go.idIlustrasi Kartu Prakerja.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah mencatat, penerima program Kartu Prakerja telah mencapai 5,6 juta orang peserta sejak 11 April 2020 program ini digulirkan.

Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengatakan, secara keseluruhan jumlah pendaftar program Kartu Prakerja dari gelombang satu hingga sebelas sebanyak 43 juta orang peserta.

"Jumlah yang tinggi ini menunjukkan antusiasme masyarakat yang sangat tinggi, peogram yang mudah diakses, dan sistem pada manajemen pelaksana yang disiapkan dengan baik," ujar Susi dalam diskusi daring Survei BPS Bicara tentang Kartu Prakerja, Senin (23/11/2020).

Baca juga: Penerimaan Pajak dari Transaksi Digital hingga Akhir Oktober 2020 Capai Rp 297 Miliar

Susi menjelaskan, dari 5,6 juta orang penerima manfaat Kartu Prakerja, sebanyak 5,4 juta di antaranya telah melakukan pelatihan.

Kemudian dari angka 5,4 juta tersebut sebanyak 5,1 juta penerima telah menyelesaikan pelatihan.

Ada 1.663 program pelatihan yang disediakan dari 153 lembaga pelatihan. Utamanya yang dipilih adalah pelatihan penjualan dan pemasaran, gaya hidup, manajemen, makanan dan minuman, bahasa asing, keuangan, serta sosial dan perilaku.

Selain itu, berdasarkan survei yang penerima Kartu Prakerja adalah mayoritas laki-laki yakni sebesar 56 persen, berpendidikan SMA ke atas sebesar 87 persen, serta berusia antara 18-35 tahun sebesar 77 persen.

"Sebanyak 81 persen penerima manfaat mengaku belum pernah mengikuti pelatihan atau kursus sebelumnya. Serta 88 persen diantaranya mengaku tidak bekerja," ungkap Susi.

Adapun berdasarkan hasil survei yang dilakukan BPS terhadap program Kartu Prakerja pada Agustus 2020 lalu, menunjukkan bahwa 88,9 persen penerima manfaat yang menyelesaikan pelatihan mengatakan program ini telah meningkatkan keterampilan kerja mereka.

Baca juga: Akhir Tahun Tinggal 1,5 Bulan, Penerimaan Pajak Baru 69 Persen dari Target

Selain itu, penerima Kartu Prakerja berasal dari 34 provinsi se-Indonesia, dengan penerima terbanyak adalah Jawa Barat sebesar 16 persen.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X