Garuda Indonesia Sediakan 150 Titik Rujukan Resmi Layanan Pemeriksaan Swab

Kompas.com - 23/11/2020, 21:30 WIB
Tangkapan layar pesawat maskapai penerbangan Garuda Indonesia menggunakan masker, Selasa (13/10/2020). dok. Instagram @garuda.indonesiaTangkapan layar pesawat maskapai penerbangan Garuda Indonesia menggunakan masker, Selasa (13/10/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menyediakan layanan laboratorium dan rumah sakit rujukan resmi pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR)/ swab test Covid-19 di lebih dari 150 titik.

Fasilitas kesehatan yang menjadi rujukan tersebut merupakan jaringan dari 10 penyedia layanan pemeriksaan PCR/swab test yang mengacu pada rekomendasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan tersebar di lebih dari 40 kota di Indonesia.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, penyediaan rujukan resmi pemeriksaan PCR/swab test ini menjadi langkah perusahaan untuk mengedepankan implementasi protokol kesehatan secara konsisten pada seluruh lini layanan penerbangan.

Baca juga: Garuda Indonesia Buka Rute Baru Balikpapan-Tarakan

"Ini merupakan bentuk komitmen Garuda Indonesia dalam menyediakan layanan penerbangan yang aman dan nyaman kepada seluruh penumpang, khususnya pada rute internasional," ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (23/11/2020).

Ia menjelaskan, dengan penyediaan layanan pemeriksaan resmi, maka mulai 26 November 2020 mendatang, seluruh calon penumpang Garuda Indonesia yang akan melaksanakan penerbangan rute internasional dapat melakukan pemeriksaan PCR/swab test di layanan rujukan resmi tersebut.

Hal ini guna melengkapi dokumen perjalanan pada rute penerbangan internasional sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan oleh otoritas kesehatan dan penerbangan.

"Sehingga dengan penyediaan rujukan resmi ini akan memberikan kemudahan pemenuhan dokumen perjalanan melalui pilihan layanan pemeriksaan PCR/swab test yang terpercaya bagi calon penumpang," tambahnya.

Baca juga: Wamen BUMN Ungkap “Penyakit” Lama yang Menggerogoti Garuda Indonesia

Adapun kesepuluh penyedia jaringan pelayanan pemeriksaan PCR/swab test tersebut terdiri dari RS Pertamina–IHC Group, RS Siloam Hospital, RS Bunda, Lab Prodia, Lab Tirta Medical Centre, RS Primaya/RS Awal Bros, LabKlinik Kimia Farma, RSU Tabanan Bali, RSUD Bali Mandara, dan Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK).

"Ke depannya, jumlah 150 titik layanan tersebut akan terus kami update secara berkala sesuai rekomendasi Kemenkes RI, sehingga pilihan layanan pemeriksaan PCR/ swab test bagi calon penumpang dapat semakin beragam," tutup Irfan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X