Biden Pilih Mantan Gubernur The Fed Janet Yellen Jadi Menkeu AS?

Kompas.com - 24/11/2020, 08:31 WIB
Janet Yellen. BRENDAN SMIALOWSKI / AFPJanet Yellen.

WASHINGTON, KOMPAS.com - Rumor terpilihnya mantan gubernur bank sentral AS, The Federal Reserve (The Fed), Janet Louise Yellen, sebagai Menteri Keuangan AS makin nyaring.

Mengutip Wall Street Journal, Senin (24/11/2020), Joe Biden mencalonkan mantan Ketua Federal Reserve Janet Yellen, sebagai Menteri Keuangan AS, menurut orang-orang yang mengetahui rencana tersebut.

Jika dikonfirmasi oleh senat, dia akan menjadi wanita pertama yang memegang posisi Menteri Keuangan.

Baca juga: Pidato Yellen Tenangkan Pasar, Dow Jones Sentuh Rekor Baru

Keputusan tersebut didasarkan karena Yellen merupakan pembuat kebijakan berpengalaman yang dihormati Kongres, seorang pejabat keuangan internasional, dan sebagai salah satu pihak yang menyerukan untuk membuat keran pengeluaran fiskal mendorong pemulihan ekonomi.

Sayangnya, Yellen belum mau berkomentar melalui telepon saat media menghubunginya pada Senin (23/11/2020).

Pengumuman resmi pemilihan Yellen diperkirakan tidak akan terjadi sebelum 30 November ini.

Seorang pejabat transisi Biden, Jen Psaki, presiden terpilih akan mengumumkan beberapa anggota tim ekonominya awal minggu depan.

Selain Yellen, ada beberapa calon lagi yang dicalonkan. Tim transisi Biden mengatakan, pihaknya akan mencalonkan Alejandro Mayorkas untuk memimpin Departemen Keamanan Dalam Negeri AS dan Avril Haines sebagai Direktur Intelijen Nasional.

Sementara John Kerry, yang pernah menjadi menteri luar negeri di bawah Presiden Obama, akan menjadi utusan khusus presiden untuk perubahan iklim.

Baca juga: Biden Jadi Presiden AS, Bagaimana Indonesia Bisa Ambil Keuntungan?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X