Gula Konsumsi Masih Defisit, Mentan: Saya Sendiri Akan Konsentrasi Menangani...

Kompas.com - 24/11/2020, 13:04 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bersama Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Sarwo Edhy. DOK. Humas KementanMenteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bersama Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Sarwo Edhy.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) tengah berupaya meningkatkan produksi gula konsumsi, guna memenuhi kebutuhan dalam negeri. Sebab, sampai saat ini neraca gula konsumsi masih mengalami defisit.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memaparkan, kebutuhan gula konsumsi saat ini mencapai 2,8 juta ton per tahun. Namun, kemampuan produksi baru mencapai 2,18 juta ton per tahun, sehingga mengakibatkan defisit sebesar 620.00 ton.

"Intinya kita harus bisa sikapi secara bertahap. Saya sendiri akan konsentrasi menangani gula," katanya dalam diskusi virtual, Selasa (24/11/2020).

Baca juga: Ada La Nina, Mentan Pede Pasokan Beras Bakal Surplus 9 Juta Ton

Oleh karenanya, Kementan telah menyiapkan berbagai strategi untuk meningkatkan produksi gula dalam negeri. Sehingga, ditargetkan pada tahun 2023, produksi gula dapat bertambah sebesar 676.000 ton.

"Target peningkatan produksi nambah 676.000 ton Insya Allah kita berharap 2023," ujar Syahrul.

Lebih lanjut, Syahrul memaparkan berbagai strategi yang telah disiapkan. Mulai dari, penyiapan benih dengan provitas 83 hingga 100 ton per hektare (ha).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemudian, Kementan juga akan melakukan intensifikasi kebun tebu rakyat seluas 200.000 ha, melalui bantuan irigasi dan juga pupuk.

Selain itu juga akan dilakukan peremajaan tanaman atau bongkar ratoon terhadap kebun tebu masyarakat.

"Lalu ekstensifikasi 50.000 hektare, dengan kemitraan BUMN dan swasta," ucap Syahrul.

Baca juga: Pabrik Gula di Sultra Ini Ingin Rekrut 15.000 Tenaga Kerja

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.