Sore Ini, Rupiah Ditutup Melemah Tipis

Kompas.com - 24/11/2020, 16:21 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada penutupan pasar spot, melemah tipis pada Selasa (24/11/2020).

Melansir Bloomberg, rupiah melemah 6 poin (0,04 persen) dan ditutup pada level Rp 14.155 per dollar AS dibandingkan dengan penutupan sebelumnya Rp 14.149 per dollar AS.

Namun demikian, posisi ini menguat dibanding pagi tadi yang sempat melemah 18 poin pada level Rp 14.168 per dollar AS.

Baca juga: Turunkan Bunga Penjaminan 50 Bps Sekaligus, Ini Alasan LPS

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, pergerakan rupiah hari ini terdorong oleh sentimen pertemuan negera-negara G-20 yang menunjukkan Indonesia merupakan salah satu negara di Asia dengan ekonomi yang cukup stabil di bawah China setelah dihantam pandemi Covid-19.

“Ini tentunya perlu dijadikan cambuk agar permasalahan Covid-19 bisa teratasi seperti bagaimana China mengatasi pandemi Covid-19 di Wuhan. Ini seharusnya menjadi konsentrasi pemerintah Indonesia,” kata Ibrahim dalam siaran pers.

Sentimen positif juga muncul dari rencana pemerintah yang akan melakukan impor vaksin dalam jumlah besar.

Rencana ini tentunya merupakan target pemerintah agar pandemi Covid-19 bisa segera berlalu, sehingga masyarakat bisa beraktivitas kembali seperti biasa dan roda perekonomian kembali berputar.

Sementara itu, Modys Investor dalam laporan terbarunya mencatat beberapa negara maju dan negara berkembang telah menandatangani kontrak untuk ratusan juta dosis vaksin.

Indonesia berada termasuk dalam daftar negara dengan kontrak vaksin terbanyak setelah AS, Uni Eropa, India, Inggris yang tergabung dalam Covax (fasilitas untuk memperoleh vaksin Covid-19).



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X