Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erick Thohir: UU Cipta Kerja Lahir untuk Dobrak Stagnasi Perekonomian RI

Kompas.com - 24/11/2020, 18:31 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menilai Undang-Undang Cipta Kerja bisa mendongkrak kinerja perekonomian Indonesia.

Menurut dia, UU Cipta Kerja diciptakan untuk memberikan stimulisasi perekonomian RI di masa pandemi Covid-19 maupun di masa mendatang.

“UU Cipta Kerja lahir untuk mendobrak stagnasi, PDB (Produk Domestik Bruto) RI,” ujar Erick dalam webinar, Selasa (24/11/2020).

Mantan bos Inter Milan ini menambahkan, UU Cipta Kerja akan membantu meningkatkan investasi di Tanah Air. Nantinya, pemerintah akan membentuk lembaga Sovereign Wealth Fund (SWF).

Baca juga: Pemerintah Kebut Penyelesaian 44 Aturan Turunan UU Cipta Kerja

Lembaga tersebut akan dikelola secara teansparan dan akuntabel.

“SWF ini manajemennya akan disupervisi dari kalangan internasional dan perwakilan dari negara mereka (investor),” kata Erick.

Lembaga pengelola investasi tersebut dibuat untuk percepatan pembangunan proyek strategis nasional (PSN).

“Pemerintah melalui lembaga investasi untuk percepatan pembanguan berbagai PSN, seperti jalan tol, pelabuhan, bandara, health care, pariwisata dan telnologi. Dengan manajemen yang transparan dan akuntabel, pengelolaan aset bisa berikan hasil optimum bagi bangsa dan negara,” ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com