Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekonomi Syariah Berpotensi Jadi Sumber Pemulihan Ekonomi Nasional

Kompas.com - 26/11/2020, 15:00 WIB
Mutia Fauzia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan Indonesia bisa memanfaatkan pemenuhan kebutuhan produk halal global meski pertumbuhan ekonomi negara-negara Islam juga terpukul dampak pandemi Covid-19.

Ma'ruf mengatakan, Indonesia seharusnya bisa menggunakan momentum perlambatan ekonomi untuk meningkatan ekspor produk halal nasional. Menurut dia, ekonomi syariah bisa menjadi salah satu pilar dalam proses pemulihan ekonomi di dalam negeri.

"Ekonomi syariah berpotensi menjadi salah satu pilar dalam pemulihan ekonomi nasional (PEN), karena itu upaya untuk menggairahkan ekonomi dan keuangan syariah pasca pandemi perlu dilakukan untuk mendorong kebangkitan ekonomi nasional," ujar Ma'ruf dalam Indonesia Islamic Festival (IIFEST) 2020 yang dilaksanakan secara virtual, Kamis (26/11/2020).

Baca juga: Walhi Minta Pemerintah Cabut Aturan Ekspor Benih Lobster

Ma'ruf menjelaskan, sebelum pandemi nilai perekonomian negara-negara Islam diperkirakan bakal mencapai 3,2 miliar dollar AS. Namun demikian, jumlah tersebut diproyeksi bakal menyusut menjadi 2,4 miliar dollar AS akibat pandemi Covid-19.

Meski demikian, dia mengatakan, berdasarkan State of Global Islamic Economy Report 2020, pertumbuhan ekonomi negara Islam hanya akan mengalami kontraksi sebesar 2,5 persen. Ini tak sedalam kontraksi pertumbuhan ekonomi dunia yang diperkirakan bakal mencapai 5,2 persen tahun ini.

Dia pun merinci, bila dilihat berdasarkan industri, maka kontraksi terdalam terjadi pada pertumbuhan industri busana muslim global yang mencapai 2,9 persen, kemudian industri kosmetik sebesar 2,5 persen, dan industri makanan dan minuman halal sebesar 0,2 persen.

"Walau tumbuh negatif saya tetap melihat peluang bahwa permintaan produk halal global tetap bisa dimanfaatkan mengingat ekspor produk halal masih kecil," ujar dia.

Baca juga: Bos Garuda: Kita Pastikan Mereka yang Terbang Tetap Sehat...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com