Apindo: 6 Juta Pekerja Dirumahkan akibat Covid-19

Kompas.com - 26/11/2020, 16:36 WIB
Pengusaha Shinta Widjaja Kamdani KOMPAS.com/Ambaranie NadiaPengusaha Shinta Widjaja Kamdani
Penulis Mutia Fauzia
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyatakan hingga saat ini jumlah tenaga kerja yang dirumahkan sebagai dampak dari pandemi virus corona (Covid-19) sebanyak enam juta orang.

Wakil Ketua Umum Apindo Shinta Kamdani mengatakan, angka tersebut merupakan data terbaru yang dimiliki asosiasi. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan jumlah pengangguran baru berdasarkan data Kementerian Ketenagakerjaan yang sebanyak 2,67 juta orang.

"Angkanya naik terus, data asosiasi ada enam juta orang yang dirumahkan," ujar Shinta dalam webinar proyeksi ekonomi Indonesia 2021, Kamis (26/11/2020).

Baca juga: IHSG Menguat 1,4 Persen, Rupiah Bangkit ke Level Rp 14.100 per Dollar AS

Shinta pun mengatakan, penambahan jumlah angka pekerja yang dirumahkan tersebut menambah beban dalam proses pemulihan ekonomi. Sebab, salah satu pendorong utama pertumbuhan ekonomi adalah konsumsi rumah tangga.

Sementara pekerja yang dirumahkan biasanya tak lagi mendapatkan upah dari perusahaan.

Dia pun mengatakan, setidaknya diperlukan lebih dari tiga juta lapangan kerja baru untuk bisa mengembalikan daya beli dan konsumsi.

"Ini juga menjadi pendorong konsumsi domesitk, terutama agar pertumbuhan ekonomi bisa kembali pulih," kata Shinta.

Baca juga: 5 Bisnis yang Bakal Bersinar Versi Ignasius Jonan

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan, jumlah pengangguran di Indonesia bertambah 2,67 juta orang akibat pandemi Covid-19, yaitu dari 7,1 juta orang menjadi 9,77 juta orang atau dari 5,23 persen ke 7,07 persen.

“Tingkat pengangguran ini, kalau kita lihat tambahan pengangguran akibat adanya Covid-19 adalah 2,67 juta orang,” kata Menkeu Sri Mulyani, dilansir dari Antara, Selasa (24/11/2020).

Sri Mulyani menuturkan, pada periode Agustus 2019 hingga Agustus 2020 juga terdapat tambahan angkatan kerja baru, yaitu 2,36 juta orang serta penurunan lapangan kerja yang diciptakan oleh Covid-19 adalah 0,31 juta.

Ia memerinci, dari 29,12 juta angkatan kerja yang terdampak Covid-19, sebanyak 2,56 juta orang merupakan pengangguran, 0,7 juta orang itu bukan angkatan kerja, 1,77 juta orang sementara tidak bekerja, dan 24 juta orang bekerja tetapi dengan jam yang lebih rendah.

Baca juga: Edhy Ditangkap, KKP Hentikan Sementara Ekspor Benih Lobster



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X