Riset Google: Indonesia Negara dengan Perempuan Berwirausaha Terbanyak

Kompas.com - 26/11/2020, 16:37 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Riset Google menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara tertinggi yang jumlah wanitanya suka berwirausaha dibandingkan dengan 12 negara lain.

PMM Brand & Reputation Google Indonesia Dora Songco menyebutkan 12 negara tersebut antara lain Argentina, Brazil, Jepang, Kenya, Korea, Malaysia, Mexico, Nigeria, dan Vietnam.

"Kami melihat memang wanita Indonesia itu memiliki semangat dan jiwa yang tinggi untuk berwirausaha dibandingkan 12 negara lain. Kami juga melihat bahwa jumlah pelaku UMKM kita itu kebanyakan berasal dari kaum wanita," ujar Dora dalam jumpa pers Google yang disiarkan secara virtual, Kamis (26/11/2020).

Baca juga: Perancis Mulai Tarik Pajak Google dkk

Dora menyebutkan, sebanyak 52 persen perempuan setuju bahwa wanita harus bisa bekerja atau menjadi pebisnis sekaligus menjadi ibu.

Bahkan, 41 persen pria juga setuju dengan pernyataan tersebut.

"Kita berharap ke depannya pun semakin banyak pria yang menyetujui wanita bisa menjalani kedua hal itu secara bersamaan, bisa membagi waktu dengan seimbang," ucap Dora.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika dilihat berdasarkan persentase wanitanya, ada sebanyak 49 persen wanita yang sudah memiliki usaha atau sudah menjadi wirausahawan.

Sementara 45 persennya masih tertarik memiliki usaha sendiri atau masih menjadi calon pengusaha.

Dia juga menjelaskan, ada dua motif besar mengapa wanita mau menjadi wirausahawan, yaitu masalah finansial dan stabilitas keluarga.

"Wanita lebih ingin menambah penghasilannya sehingga mereka bisa mencapai kemandirian finansial dan kebutuhan keluarganya juga terpenuhi. Jadi 2 hal ini yang menjadi fokus motif dari wanita Indonesia mengapa tetap mau menjadi seorang pebisnis atau wirausahawan," jelas Dora.

Baca juga: Bantu Atasi Pengangguran di Indonesia, Google Luncurkan Berbagai Inisiatif Ini

Sebagai informasi tambahan, riset ini dilakukan pada Januari hingga Februari 2020.

Riset yang menggunakan metode survei kuantitatif ini dilakukan di 12 negara mulai dari Amerika Latin, Afrika bagian Selatan hingga Asia Pasifik.

Di Indonesia sendiri, ada 990 koresponden yang memiliki gender perempuan dan 510 bergender laki-laki.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.