ExxonMobil Pangkas Proyeksi Harga Minyak Mentah Dunia Hingga 2027

Kompas.com - 26/11/2020, 18:13 WIB
Harga minyak dunia anjlok ke zona negatif untuk pertama kalinya dalam sejarah Dok. PertaminaHarga minyak dunia anjlok ke zona negatif untuk pertama kalinya dalam sejarah

NEW YORK, KOMPAS.com - ExxonMobil memutuskan untuk memangkas proyeksi harga minyak secara signifikan hingga tujuh tahun ke depan, akibat dampak dari pandemi Covid-19.

Berdasarkan dokumen internal ExxonMobil tahun lalu, perusahaan minyak dan gas itu memproyeksikan harga minyak mentah acuan global, Brent, berada di kisaran rata-rata 62 dollar AS per barel pada 2025 dan terus meningkat menjadi 72 dollar AS per barel pada 2026 dan 2027.

Namun, tahun ini, ExxonMobil memutuskan untuk menurunkan proyeksinya menjadi rata-rata 55 dollar AS pada kurun waktu lima tahun ke depan dan menjadi 60 dollar AS per barel pada 2026 hingga 2027.

Baca juga: 7 Perusahaan Minyak Terbesar di Dunia, Sinopec China Urutan Teratas

Sebagaimana diketahui, pandemi Covid-19 memberikan pukulan telak kepada industri migas dunia.

Melemahnya permintaan minyak dari berbagai negara, mengakibatkan harga minyak anjlok.

Hal tersebut berdampak terhadap menurunnya aset hampir seluruh produsen migas raksasa di dunia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Situasi saat ini hanya sementara, tetapi dengan kecepatan pemulihannya tidak lah pasti," ujar Chief Executive ExxonMobil, Darren Woods, dikutip dari Oilprice, Kamis (26/11/2020).

Pada akhir Oktober lalu, ExxonMobil membuka kemungkinkan perusahaan akan menurunkan valuasi aset produksi gas bumi yang saat ini berada di kisaran 30 miliar dolar AS.

"Dampak dari pandemi Covid-19 terhadap investasi sangat lah jelas," ucap Woods.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.