Emas Jatuh di Bawah 1.800 Dollar AS, Tertekan Optimisme Pemulihan Ekonomi

Kompas.com - 28/11/2020, 10:36 WIB
Ilustrasi emas. SHUTTERSTOCKIlustrasi emas.

CHICAGO, KOMPAS.com - Emas jatuh menembus di bawah level psikologis 1.800 dollar AS pada akhir perdagangan Jumat (27/11/2020) waktu setempat.

Harga emas tertekan meningkatnya optimisme tentang pemulihan ekonomi dipicu oleh vaksin yang cepat dan transisi Gedung Putih yang mulus mendorong investor beralih ke ekuitas AS.

Kontrak emas untuk pengiriman Februari (teraktif baru) di divisi COMEX New York Exchange, anjlok 23,10 dollar AS atau 1,28 persen menjadi ditutup pada 1.788,10 dollar AS per ons.

Baca juga: Turun Rp 9.000, Ini Rincian Harga Emas Antam Hari Ini

Sementara itu, emas berjangka untuk pengiriman Desember, ditutup 23,60, atau 1,30 persen lebih rendah pada 1.781,90 dollar AS per ons.

Emas berjangka telah merosot 4,5 persen dalam seminggu, menandai penurunan tertajam sejak pekan yang berakhir 25 September.

Indeks dollar AS yang jatuh biasanya mendukung emas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tetapi analis pasar percaya itu tidak berdampak pada logam mulia karena investor telah menggunakan dollar AS sebagai tempat berlindung yang aman, yang mirip dengan emas selama pandemi Covid-19.

“Begitu harga menyentuh di bawah level kunci 1.800 dollar AS, itu memicu aksi jual. Kemungkinan harga akan menguji level 1.750 dollar AS saat kami memiliki alasan fundamental yang kuat seperti vaksin," kata analis OANDA Craig Erlam.

Semakin membebani emas, ekuitas AS berpacu ke rekor tertinggi di tengah optimisme vaksin dan saat investor bertaruh pada perdagangan global yang lebih tenang di bawah pemerintahan Joe Biden di Amerika Serikat.

Baca juga: [POPULER MONEY] Ditjen Pajak Lelang Mobil SItaan | Luhut Puji Edhy Prabowo

“Diyakini bahwa Biden akan mengambil pendekatan yang lebih tenang terhadap perdagangan dengan negara lain seperti China dan itu tercermin di pasar saham,” kata analis Natixis, Bernard Dahdah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.