Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Bekerja Nyaman dan Bahagia? Pilih Perusahaan seperti Ini

Kompas.com - 29/11/2020, 08:55 WIB
Yoga Sukmana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Bekerja bukan sekadar mencari uang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Tetapi juga sebagai aktualisasi diri, menggunakan serta mengembangkan potensi, bakat, dan kemampuan yang dimiliki.

Oleh karenanya, pasti Anda ingin bekerja pada bidang yang Anda kuasai, sesuai passion, dan tentunya di perusahaan yang Anda inginkan.

Dengan begitu, bekerja akan terasa nyaman dan bahagia. Beda kalau Anda terjebak pada bidang dan perusahaan yang salah. Bukannya semangat kerja, malah mengeluh terus.
Ada saja hal-hal yang membuat Anda tidak senang. Sehingga dapat mempengaruhi fisik, emosional, maupun pikiran Anda. Bekerja satu hari, rasanya seperti satu minggu.

Bawaannya tidak betah dan ingin segera resign. Padahal sebetulnya tidak ada masalah apapun, hanya saja karena Anda berada pada bidang dan perusahaan yang tidak Anda sukai.
Untuk itu, sebaiknya Anda cermat sebelum memilih atau menerima tawaran bekerja di sebuah perusahaan. Amati tiga hal ini jika nantinya Anda ingin bekerja dengan nyaman dan bahagia, seperti dikutip dari Cermati.com.

  • Peluang untuk tumbuh dan berkembang

Tidak banyak perusahaan yang memberikan kesempatan karyawannya untuk tumbuh dan berkembang. Meningkatkan keterampilan, keahlian, dan kemampuan karyawan.
Contohnya diikutsertakan pada pelatihan, seminar, kursus memperdalam bidang Anda ataupun bidang lain yang masih berkaitan, maupun beasiswa pendidikan.

Anda dapat mencari tahu hal ini dengan menanyakannya kepada HRD saat proses wawancara kerja. Bisa juga dengan cara bertanya langsung pada karyawan di perusahaan tersebut.
Jika memang ada kesempatan pengembangan diri tersebut, maka jangan sia-siakan. Termasuk memiliki jenjang karier yang jelas.

Misalnya dalam 5 tahun, ada peluang bagi karyawan naik jabatan bila berhasil mencapai target setiap tahun. Atau kesempatan promosi jabatan jika sukses menggolkan proyek besar perusahaan.

Itu berarti perusahaan tersebut sangat menghargai karyawan sebagai bagian penting dalam kemajuan bisnis dan perusahaan.

Sebab ada perusahaan yang hanya ‘memeras’ tenaga dan pikiran karyawan saja. Walaupun perusahaan untung banyak, maju, tetap tidak peduli pada pengembangan diri karyawan.Kalau Anda bekerja di perusahaan yang sama sekali cuek pada sumber daya manusianya, maka dapat dipastikan Anda tidak akan pernah nyaman dan bahagia bekerja.

Baca juga: Melunasi KPR Lebih Cepat Bisa Bikin Anda Buntung, Kok Bisa?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com