Menhub Akan Integrasikan Transportasi Antarmoda di Jakarta

Kompas.com - 30/11/2020, 06:09 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi Dokumentasi KemenhubMenhub Budi Karya Sumadi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, melakukan tinjauan langsung ke proyek pembangunan LRT Jabodebek di Dukuh Atas, Jakarta, Minggu (28/11/2020).

Dalam kunjungannya bersama Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo, Budi menyebutkan, Dukuh Atas merupakan area yang banyak bersinggungan dengan simpul-simpul transportasi seperti, stasiun KRL, stasiun KA Bandara, stasiun LRT, dan stasiun MRT.

Budi mengatakan, pihaknya bersepakat bersama BUMN, Pemprov DKI, Dishub DKI, PT KAI, PT KCI, LRT dan MRT untuk merancang suatu integrasi antarmoda yang baik sehingga para penumpang yang menggunakan jasa transportasi massal dapat melakukan perpindahan antar angkutan massal dengan mudah, dekat, dan nyaman.

“Jadi misalnya penumpang dari Bekasi atau Bogor ketika turun di Dukuh Atas, dapat dengan mudah berpindah menggunakan kereta bandara," ujarnya dalam keterangan tertulis.

Baca juga: Menhub Minta Luhut Kumpulkan Pengusaha Batak Untuk Bangun Pelabuhan di Danau Toba

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu pun menegaskan, pemerintah akan memperbaiki tata kelola wilayah tersebut dengan basis Transit Oriented Development (TOD).

"Kami berkomitmen membuat titik hub atau TOD di Dukuh Atas ini menjadi lebih baik,” katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut dia, kolaborasi antarmoda tersebut menjadi momen penting dan bersejarah. Karena bisa mempersatukan seluruh angkutan massal termasuk yang berteknologi tinggi seperti LRT dan MRT.

"Dengan integrasi antarmoda angkutan massal yang baik seperti antara kereta eksisting KRL dengan kereta berteknologi tinggi MRT dan LRT, diharapkan dapat membangun peradaban baru atau gaya hidup bagi masyarakat Indonesia dan menjadi suatu kebanggaan dan kehormatan tersendiri di mata negara lain," ucapnya.

Baca juga: Demi 5 Bali Baru, Menhub Siapkan Fasilitas Khusus

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.