Tambah Produksi Migas, Anjungan PHE-12 Beroperasi lagi

Kompas.com - 30/11/2020, 14:22 WIB
Ilustrasi para pekerja di industri  migas sedang melaksanakan pekerjaannya di lapangan. SHUTTER STOCKIlustrasi para pekerja di industri migas sedang melaksanakan pekerjaannya di lapangan.
Penulis Yoga Sukmana
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO) mengaktifkan kembali anjungan PHE-12 yang berada 50 km dari bibir pantai Kabupaten Bangkalan, Madura, Provinsi Jawa Timur.

Direktur Pengembangan dan Produksi PHE, Taufik Aditiyawarman bersyukur Anjungan PHE 12 dapat berproduksi kembali sesuai yang direncanakan.

"Proyek ini diharapkan dapat menambah produksi migas sebesar 1.000 BOPD bagi PHE WMO ”, ujar Taufik dalam siaran pers, Jakarta, Senin (20/11/2020).

Baca juga: Susun Aturan Turunan UU Cipta Kerja, Pemerintah Serap Aspirasi Masyarakat di Daerah

Anjungan PHE-12 yang terdiri dari 2 sumur yaitu PHE-12 A1 dan PHE-12 A3, berhasil _start up_ pada 16 November 2020 untuk sumur A1 dan 24 November 2020 untuk sumur A3.

Taufik mengatakan rangkaian kegiatan reaktivasi anjungan PHE-12 ini dimulai sejak 21 Februari 2020. Pelaksanaan proyek memiliki tantangan yang tinggi. Selain resiko operasi yang tergolong high risk, tim juga harus ekstra dalam menerapkan protokol kesehatan di lapangan.

Sementara itu, General Manager PHE WMO Dwi Mandhiri mengatakan, sejak First Cut (jacket fabrication) pada Februari lalu hingga Start Up di bulan November 2020, proyek ini dapat dilaksanakan tanpa adanya kecelakaan kerja.

Ia memberikan apresiasi kepada semua tim dan semua pihak atas usaha dan kerja keras sehingga proyek berjalan lancar dan aman.

"Hal ini menunjukkan penerapan K3LL selalu menjadi fokus dan prioritas PHE WMO agar proyek ini dapat terlaksana dengan baik," kata Dwi.

Baca juga: Facebook Disebut Akan Rilis Mata Uang Digital Libra pada Januari 2021



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X