Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erick Thohir Ingin Dirikan Perusahaan Pengelola Pupuk Non Subsidi

Kompas.com - 30/11/2020, 21:05 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku sempat terpikir untuk membentuk satu perusahaan plat merah yang mengurusi masalah pupuk non-subsidi.

Hal tersebut diungkapkan Erick saat rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, Senin (30/11/2020).

“Bahkan kemarin sempat terpikir jangan-jangan kita bikin satu perusahaan pupuk yang non subsidi. Supaya cost-nya jelas, mana yang subsidi dan non subsidi,” ujar mantan bos Inter Milan itu.

Baca juga: Pupuk Subsidi Langka, BUMN Pupuk Dapat Suntikan Rp 3,1 Triliun

Erick menjelaskan, saat ini penyaluran pupuk subsidi maupun non subsidi dikelola oleh PT Pupuk Indonesia (Persero). Namun, kerap kali dikeluhkan mengenai masalah penyaluran pupuk subsidi maupun non subsidi.

“Sama juga dengan PT Pupuk. Ini solusi bagi para petani. Salah satunya yang selalu dikeluhkan antara subsidi dan non subsidi. Nah itu lah kita sedang menchallange seperti apa ke depannya yang namanya policy dari PT Pupuk,” kata dia.

Kendati begitu, pendiri Mahaka Group ini belum bisa memastikan apakah pembentukan perusahaan yang mengurusi pupuk non subsidi akan dilakukan.

“Nah hal-hal ini belum menjadi keputusan. Tapi inilah exercise yang kita lakukan di Pupuk. Kita juga melakukan optimalisasi pabrik yang kurang efisien,” ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com