Kompas.com - 01/12/2020, 16:41 WIB
Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Tjahjo Kumolo di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Selasa (31/12/2019). KOMPAS.com/ HARYANTI PUSPA SARIMenteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Tjahjo Kumolo di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Selasa (31/12/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo menjelaskan alasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) membubarkan 10 badan/lembaga.

Tjahjo mengatakan, pembubaran 10 lembaga dilakukan lantaran adanya tumpang tindih pekerjaan serta anggaran. Pembubaran 10 badan/lembaga ini diatur di dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 112 Tahun 2020.

"Kami timbang tidak hanya dari sisi anggaran, kecil memang anggaran, tapi tumpang tindihnya tadi karena di kementerian juga terkait," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Selasa (1/12/2020).

Baca juga: Sociolla Buka 10 Toko Baru di 5 Kota

Pada kesempatan tersebut, Deputi Bidang Kelembagaan dan Tatalaksana Kementerian PANRB Rini Widyantini mengatakan, kesepuluh badan/lembaga yang dibubarkan tersebut tugas serta fungsinya tidak akan hilang.

"Tetapi, akan diintegrasikan kepada kementerian dan lembaga yang sesuai. Mengapa? Karena secara umum, pembubaran sekaligus dilakukan pengintergrasian pada kementerian dan lembaga yang berkesesuaian setelah kita melakukan pengkajian, ada tugas atau fungsi yang berkesesuaian dengan kementerian dan lembaga yang sejenis," kata Rini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, integrasi tugas dinilai akan mendorong optimalisasi peningkatan kinerja, mewujudkan keintegrasian fungsi serta kebijakan, dan efisiensi birokrasi dalam program-program pembangunan.

"Terakhir sebagai penutup, untuk penataan kembali penyelenggaraan urusan-urusan pemerintahan sesuai dengan mandat perundang-undangan," kata dia.

Baca juga: Gelar BRIlian Preneur 2020, BRI Targetkan Transaksi 50 Juta Dollar AS

Berikut ini 10 badan/lembaga yang dibubarkan:

1. Dewan Riset Nasional

2. Dewan Ketahanan Pangan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X