Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/12/2020, 21:18 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Rully Indrawan mengatakan pelaku UMKM merupakan nyawa dan roh bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

Oleh karena itu, dia meminta agar seluruh masyarakat tidak mengecilkan ataupun merendahkan para pelaku UMKM.

"Kita jangan kecilkan dan rendahkan mereka. Jangan anggap sepele pelaku UMKM," ujarnya mengutip siaran resminya, Selasa (1/12/2020).

Baca juga: 400 UMKM Hadir di BRIlian Preneur Export 2020

Dia menyebutkan, dari total 64 juta pelaku usaha yang ada di Indonesia, 99,99 persen diantaranya adalah UMKM. Dari jumlah itu, 90 persen merupakan pelaku usaha mikro, seperti pedagangan kaki lima, penjual bakso, dan sebagainya.

Rully mengatakan UMKM berperan penting bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Sebab, UMKM mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 97 persen.

Untuk itu, alokasi APBN pun akan dilakukan refocussing. Yakni, untuk jaring pengaman sosial, kesehatan, dan pemulihan ekonomi.

"Yang pertama dibidik adalah UMKM. Saat ini, semua menteri fokus dan bicara UMKM. Karena, di masa pandemi ini, yang mampu menggerakkan ekonomi bangsa hanya UMKM," kata Rully.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com