Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibuka Stagnan, Rupiah Berpeluang Menguat pada Rabu Siang

Kompas.com - 02/12/2020, 09:34 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot pagi ini tidak begerak atau stagnan pada Rabu (2/12/2020).

Melansir Bloomberg, rupiah pagi ini berada pada level Rp 14.130 per dollar AS atau stagnan seperti penutupan sebelumnya.

Analis sekaligus Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra mengatakan, meskipun pagi ini rupiah tidak bergerak, namun ada potensi rupiah akan menguat pada siang hari.

Baca juga: Pagi Ini, IHSG Menguat di Tengah Bursa Asia yang Negatif

Dua sentimen positif yaitu potensi stimulus fiscal AS dan pernyataan Jerome Powell, Gubernur Fed yang masih ingin mempertahankan pelonggaran moneter untuk membantu pemulihan ekonomi AS, membantu melemahkan nilai tukar dollar terhadap nilai tukar lainnya.

“Sentimen tersebut mampu mendorong penguatan nilai tukar rupiah hari ini,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Indeks dollar AS terus menciptakan level terendah. Terbaru, di tahun 2020 berada pada level 91,19. Di sisi lain kenaikan kasus covid-19 di Indonesia bisa menekan nilai tukar rupiah.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini bisa menguat pada kisaran Rp 14.050 per dollar AS sampai dengan Rp 14.200 per dollar AS.

Baca juga: Naik Rp 14.000, Ini Daftar Rincian Harga Emas Antam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com