Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paket Stimulus AS Tidak Pasti, Harga Emas Kembali Tergelincir

Kompas.com - 02/12/2020, 11:28 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Harga emas spot kembali merosot pada perdagangan hari ini setelah kenaikan tajam di sesi sebelumnya. Harga emas tergelincir karena ketidakpastian atas paket stimulus AS sementara kemajuan dalam pengembangan vaksin Covid-19 kian membebani daya tarik safe haven.

Pada Rabu (2/12/2020) pukul 10.30 WIB, harga emas spot turun 0,3 persen ke level 1.810,36 dollar AS per ons troi. Pada penutupan sesi sebelumnya, harga emas spot melonjak lebih dari 2 persen dan jadi penguatan terbesarnya hampir sebulan.

Setali tiga uang, harga emas berjangka untuk kontrak pengiriman Februari 2021 turun 0,4 persen menjadi 1.812,60 dollar AS per ons troi.

Baca juga: Naik Rp 14.000, Ini Daftar Rincian Harga Emas Antam

Harga emas kembali koreksi setelah anggota senat dari Partai Republik Mitch McConnell mengatakan, Kongres AS harus menyertakan gelombang baru stimulus virus corona dalam 1,4 triliun dollar AS pengeluaran tagihan, sebagai pembicaraan stimulus antara Menteri Keuangan Steve Mnuchin dan Ketua DPR Nancy Pelosi yang diadakan pada hari Selasa.

Sekelompok senator bipartisan dan anggota DPR juga mengusulkan tindakan bantuan virus corona senilai 908 miliar dollar AS.

"Ada sedikit ketidakpastian atas kesepakatan stimulus untuk melewati itu. Dan ini tidak terlalu mendukung harga emas," kata Stephen Innes, Chief Global Market Strategist Axi.

Baca juga: Rincian Terbaru Harga Emas Batangan 0,5 Gram hingga 1 Kg di Pegadaian

Sedangkan pembicaraan adalah langkah ke arah yang benar di depan pengeluaran fiskal dan menandakan kemungkinan kerjasama lebih lanjut ke depan, upaya stimulus jauh di bawah harapan pasar, Innes menambahkan.

Menimbang lebih jauh, harga emas juga masih mendapat tekanan dari rencana AS yang mulai memvaksinasi jutaan orang AS untuk virus corona setidaknya di pertengahan Desember mendatang.

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Harga emas spot tergelincir ke US$ 1.810 per ons troi jelang tengah hari ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com