Kompas.com - 05/12/2020, 16:13 WIB
Ilustrasi. SHUTTERSTOCKIlustrasi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Di era disrupsi teknologi, seluruh perusahaan dituntut untuk beradaptasi dengan melakukan transformasi digital.

Sebab tidak ada yang menjamin manusia sehebat apapun tak bisa tergantikan dengan digital/mesin.

HR Director Blue Bird Group, Pambudi Sunarsihanto mengatakan, transformasi digital tidak akan bisa berhasil bila perusahaan tidak bisa merangkul karyawannya.

Untuk itu peran pemimpin (leader) di sebuah perusahaan bukan hanya soal memberikan penugasan, tapi juga memberikan perhatian kepada mereka.

Baca juga: Intip Tiga Tips Bisnis Tetap Untung di Tengah Pandemi dan Resesi

"Leader yang baik lakukan tiga prinsip, berikan perhatian, pekerjaan, dan pengembangan. Itu hak anak buah Anda. Mau dalam dunia fisik maupun digital, berikanlah 3 prinsip itu," kata Pambudi dalam webinar virtual Mega Digi Talk Seri 4, Sabtu (5/12/2020).

Pambudi menuturkan, perhatian bisa diberikan dengan beragam cara. Sebelum memberi pekerjaan misalnya, pemimpin perlu bertanya kabar karyawan, kabar keluarganya, masalah yang dihadapi karyawan, dan sebagainya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perhatian bisa juga diberikan dengan mengajarkan karyawan menggunakan teknologi. Pasalnya tak semua karyawan sudah fasih dengan teknologi sejak lahir. Hal ini bisa membuat transformasi digital semakin mudah teradopsi.

"Semua orang harus fluent (fasih) dulu, mereka harus punya digital ideation (ide), lalu mengimplementasikan. Kita harus merangkul," ucap dia.

Lebih lanjut dia bilang, pandemi Covid-19 menjadi momen yang tepat bagi perusahaan mempercepat transformasi digital. Pandemi memaksa perusahaan lebih berinovasi dan bertahan dari keterpurukan.

"Jangan takut, nahkoda lahir dari lautan penuh ombak dan badai. Bersyukur kalau ada ujian seperti apapun, baik namanya inovasi, disrupsi, berarti diuji masuk ke next level," pungkasnya.

Baca juga: Dampak Pandemi, Ekonom: Aktivitas Bisnis UMKM Semakin Membaik

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.