Kompas.com - 05/12/2020, 20:21 WIB
Pengusaha Sandiaga Uno berbagi pandangannya mengenai peran UMKM sebagai pahlawan ekonomi nasional di tengah krisis akibat pandemi di Kompasianival 2020 yang digelar secara virtual, Sabtu (5/12/2020). kompasianaPengusaha Sandiaga Uno berbagi pandangannya mengenai peran UMKM sebagai pahlawan ekonomi nasional di tengah krisis akibat pandemi di Kompasianival 2020 yang digelar secara virtual, Sabtu (5/12/2020).

KOMPASIANA---Pengusaha Sandiaga Uno berbagi pandangannya mengenai peran UMKM sebagai pahlawan ekonomi nasional di tengah krisis akibat pandemi.

Pandangan tersebut disampaikan Sandiaga dalam sesi "Perspektif: Baru Mulai Usaha di Musim Begini, Salah Nggak Sih?" di Kompasianival 2020 yang digelar secara virtual, Sabtu (5/12/2020).

Dalam paparannya, Sandiaga menyebutkan total PDB Indonesia 60% berasal dari sektor UMKM. Ia mengapresiasi UMKM sebagai penyokong nasional di masa pandemi ini.

"Saya bertemu banyak UMKM, di masa pandemi ini saya melihat betapa besar harapan dan energi bangsa ini bangkit dari keterpurukan ekonomi," ujarnya.

Menurut Sandiaga ada banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan dan mata pencahariannya menurun.

Meskipun begitu, dikatakan Sandiaga, daya juang UMKM selalu membuat termotivasi.

"Pahlawan ekonomi di setiap krisis selalu berhasil menjadi juru selamat. Mereka mulai bangkit dan pulihkan ekonomi kita dengan berkegiatan yang akan membuka lapangan pekerjaan sebesar-besarnya," puji Sandiaga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengenai proyeksi persaingan usaha di tahun mendatang, Sandiaga mengemukakan untuk menjadikan tradisi, menemukan masalah, dan hadirkan solusi secara kreatif dan inovatif sebagai bagian dari keseharian hidup, terutama pelaku bisnis.

"Tanda-tanda pulihnya ekonomi semakin jelas, persaingan tahun depan adalah siapa yang paling siap untuk tumbuh cepat, maka mulai dari sekarang," tegasnya.

Kompasianival 2020 sendiri merupakan kopi darat terbesar di Indonesia bagi para kreator konten dan komunitas.

Tahun ini, Kompasianival mengangkat teman "Mulai dari Kita!" yang diselenggarakan 3 hingga 5 Desember 2020 secara virtual. (IBN)



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.