Mengenal Istilah Nasabah Prioritas Bank dan Berbagai Keuntungannya

Kompas.com - 06/12/2020, 19:05 WIB
Ilustrasi menabung untuk membeli rumah SHUTTERSTOCK/TINNAKORN JORRUANGIlustrasi menabung untuk membeli rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Hampir semua bank di Indonesia kini sudah memiliki fasilitas yang disebut nasabah prioritas. Sesuai dengan namanya, nasabah prioritas adalah layanan perbankan untuk nasabahnya yang menginginkan layanan prioritas.

Bank-bank yang ada di Indonesia saat ini saling bersaing untuk memberikan pelayanan nasabah prioritas yang menyasar segmen nasabah dengan ekonomi menengah ke atas ini. Lalu apa itu nasabah prioritas?

Dilansir dari Lifepal, Minggu (6/12/2020), pertumbuhan layanan nasabah prioritas dalam beberapa tahun terakhir memang meningkat, hampir semua bank memberikan fasilitas serupa.

Bank ingin menyasar tipe nasabah seperti ini dikarenakan dari “tebal”-nya kantong nasabah tipe itu.

Baca juga: Pinjaman Online Syariah Bebas Riba, Apa Saja Syaratnya?

Namun, ada berbagai macam persyaratan yang harus dipenuhi oleh seseorang agar bisa mendaftarkan diri menjadi nasabah prioritas di sebuah bank.

Syarat untuk menjadi nasabah prioritas di setiap bank biasanya berbeda-beda, contoh syarat paling umum nasabah prioritas yang paling umum dari tiap bank, sebagai berikut:

  • Memiliki portofolio keuangan dengan nilai total minimal Rp 500.000.000 atau di beberapa bank juga menetapkan nilai total minimal Rp 1.000.000.000 yang berupa simpanan (tabungan, giro, dan deposito), bancassurance, dan produk investasi.
  • Memiliki sumber dana serta aktivitas penggunaan dana yang memenuhi aspek KYC (know your customer).
  • Tidak berada dalam blacklist atau Daftar Hitam Bank Indonesia maupun bank yang berkaitan.
  • Memiliki dana tersimpan yang bukan berasal dari dana pinjaman bank.
  • Adanya sejumlah biaya admin di atas rata rata biaya tabungan lainnya tiap bulan
  • Memiliki rekam jejak yang baik sebagai nasabah tabungan perorangan bank atau pun perbankan lain.

Baca juga: Perbedaan Bunga Bank Konvensional Vs Bagi Hasil Bank Syariah

Dengan sejumlah syarat yang disertakan di dalam pembukaan rekening menjadi nasabah prioritas, tentu ada segudang manfaat yang akan didapat jika menjadi nasabah prioritas.

Karena tidak semua orang bisa menjadi nasabah prioritas, mereka yang sudah menjadi nasabah prioritas akan memperoleh beberapa pelayanan istimewa. Berikut adalah beberapa keuntungan nasabah prioritas yang perlu anda ketahui

Hadiah di hari ulang tahun anda

Bank turut merayakan hari lahir atau ulang tahun nasabah prioritas. Setiap tahun, para nasabah prioritas akan menerima hadiah berkesan sebagai bentuk syukur dan apresiasi bank.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Lifepal
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X