KKP dan Basarnas Evakuasi Nelayan Indonesia yang Tenggelam di Perbatasan RI-Malaysia

Kompas.com - 06/12/2020, 19:32 WIB
Ilustrasi nelayan KOMPAS/TOTOK WIJAYANTOIlustrasi nelayan

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama dengan Basarnas berhasil mengevakuasi nelayan Indonesia yang tenggelam dan ditemukan hanyut di Selat Malaka.

Penjemputan dan evakuasi ini dilakukan dengan menggunakan KN Kresna milik Basarnas.

Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Tb Haeru Rahayu menyebutkan ada 4 nelayan asal Sumatera Utara yang tenggelam yaitu Muslim (48), Solihin Imannuddin (48), Saayan (39), dan Sahrul (38).

Baca juga: Mantan Dirjen KKP Diangkat Jadi Corporate Secretary Pertamina

Mereka tenggelam pada hari Kamis (3/12/2020) saat menangkap ikan. Keempat nelayan tersebut ditemukan hanyut sampai wilayah Tanjung Genting dan diselamatkan oleh kapal berbendera Siprus MV. ARSINOE.

"Setelah mendapatkan informasi dari Nakhoda MV Arsinoe, Tim dari KKP dan Basarnas segera bergerak cepat melakukan penjemputan," ujarnya dalam keterangan resmi Minggu, (6/12/2020).

Sementara itu, Kepala Pangkalan PSDKP Lampulo, Basri menjelaskan bahwa nelayan-nelayan tersebut dalam keadaan sehat dan saat ini sudah berada di Pangkalan PSDKP Lampulo.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rencananya keempat nelayan tersebut akan segera dipulangkan ke tempat asalnya.

"Kami segera koordinasikan pemulangan ke Sumatera Utara," ujar Basri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.