Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CIMB Niaga Syariah Kantongi Laba Rp 1 Triliun hingga September 2020

Kompas.com - 07/12/2020, 13:14 WIB
Yohana Artha Uly,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Unit Usaha Syariah PT Bank CIMB Niaga Tbk atau CIMB Niaga Syariah mengantongi laba sebesar Rp 1 triliun hingga akhir September 2020.

Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P Djajanegara mengatakan, kinerja tersebut hampir mendekati laba keseluruhan tahun 2019 yang sebesar Rp 1,15 triliun.

Oleh sebab itu, ia optimistis bakal menutup 2020 dengan capaian laba yang lebih tinggi dari 2019.

"Laba tahun lalu Rp 1,15 triliun, itu angka belum potong pajak, tapi September ini sudah mencapai Rp 1 triliun. Insya Allah sampai Desember nanti kita akan melampaui target atau kinerja dari Desember 2019," ujar Pandji dalam webinar Customer & Media Gathering CIMB Niaga Syariah, Senin (7/12/2020).

Baca juga: Biaya Vaksinasi Covid-19, Sri Mulyani: Ada yang Didanai APBN, Ada yang Mandiri

Pandji mengatakan, kinerja positif itu didorong dengan penyaluran pembiayaan CIMB Niaga Syariah yang mencapai Rp 32,6 triliun hingga kuartal III-2020, atau tumbuh 4,7 persen dibandingkan periode sama di tahun lalu.

Di sisi lain, pembiayaan bermasalah atau non performing financing (NPF) terjaga di kisaran 1 persen.

Pertumbuhan juga terjadi pada dana pihak ketiga (DPK) sebesar 32 persen dibandingkan kuartal III-2020 menjadi sebesar Rp 35,1 triliun.

Dana murah (CASA) menjadi porsi terbesar yakni 51 persen dari total DPK.

"Pada akhir Desember 2019 dana murah hanya 31 persen sekarang sudah sampai 51 persen. Jadi dalam kurun waktu itu porsi dana murah bisa dinaikkan sebesar 20 persen," terang Pandji.

Baca juga: CIMB Niaga Sebut Belum Berminat Bikin Bank Digital di Luar Entitas

Dia menjelaskan, kinerja CIMB Niaga Syariah di tengah pandemi tersebut, turut terdorong produk-produk unggulan, seperti tabungan haji atau Tabungan iB Pahala yang kini sudah lebih dari 150.000 nasabah, dari tahun 2018 yang sebanyak 80.000 nasabah.

Ada pula produk pembiayaan kepemilikan rumah atau KPR iB yang hingga saat ini penyalurannya sudah mencapai Rp 12 triliun, dari tahun 2018 yang sebesar Rp 8 triliun.

"KPR ini merupakan porsi segmen yang terbesar dari produk CIMB Niaga Syariah," tutup Pandji.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com