Dirut BEI Sebut Kinerja Pasar Modal Mulai Positif

Kompas.com - 07/12/2020, 13:58 WIB
Ilustrasi : Bursa Efek Indonesia KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGIlustrasi : Bursa Efek Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djajadi mengungkapkan kondisi terkini pasar modal. Dia mengatakan bahwa kondisi pasar modal mulai berangsur positif.

Ia mengatakan, pasar mulai membaik karena tercermin dari kinerja IHSG yang mulai menunjukkan perbaikan di semester kedua 2020.

"Diikuti dengan peningkatan likuiditas perdagangan sebesar Rp 8 triliun per hari," ujar dia dalam Seminar Nasional Sharia Investment yang ditayangkan secara virtual, Senin (8/12/2020).

Baca juga: Diterpa Pandemi Covid-19, Pertamina Optimis Bisa Raih Laba

Lebih lanjut kata dia, tren positif tersebut juga diikuti dengan sejumlah perusahaan yang melakukan penawaran umum perdana atau Initial Public Offering (IPO) sepanjang tahun ini.

"Terima kasih kepada seluruh stakeholder yang telah membantu bursa dalam memfasilitasi 46 perusahaan go public sepanjang tahun ini, dan turut mengantarkan sejumlah perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia sebanyak 708 perusahaan," ucap dia.

Inarno menambahkan, kinerja gemilang pasar modal juga dibarengi peningkatan jumlah investor yang tercatat mencapai 3 kali lipat pertumbuhannya selama 4 tahun.

Ia mengatakan, jumlah investor pasar modal telah mencapai lebih dari 3,5 juta investor atau tumbuh 42 persen dari tahun lalu.

Baca juga: Skema Gaji PNS Dirombak, Sejumlah Tunjangan Akan Dihapus



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X