Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaga Momentum Positif Kedatangan Vaksin, BI Sarankan Hal Ini

Kompas.com - 07/12/2020, 17:26 WIB
Fika Nurul Ulya,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 siap suntik dari Sinovac sudah tiba di Tanah Air melalui Bandara Soekarno-Hatta pada Minggu (6/12/2020).

Asisten Gubernur Bank Indonesia (BI), Aida S Budiman mengatakan, informasi menggembirakan itu mampu menguatkan sentimen positif investor dan mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Dia menambahkan, fenomena positif ini perlu dijaga agar tidak kehilangan momentumnya.

Baca juga: Pemerintah Siapkan Rp 60,5 Triliun Untuk Pengadaan Vaksin Tahun Depan

Sinergi antara Bank Indonesia, Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), kementerian dan lembaga (K/L), pelaku usaha, dan masyarakat diperlukan agar ekonomi bisa pulih lebih cepat.

"Bukan hanya BI (yang berperan penting di sini), tapi sinergi (dengan seluruh stakeholder)," kata Aida dalam webinar Outlook Ekonomi Moneter dan Keuangan Digital 2021, Senin (7/12/2020).

Aida menuturkan, sinergi perlu dibangun atas 5 strategi yang telah disiapkan, di samping menjalankan protokol kesehatan sembari vaksin lancar terdistribusi.

Strategi pertama adalah membuka enam sektor produktif dengan prioritas tertinggi, antara lain sektor makanan minuman, tanaman perkebunan, industri kimia, kehutanan, tanaman hortikultura, dan pertambangan bijih logam. 

Lalu, disusul dengan membuka 15 sektor prioritas kedua, antara lain pengolahan tembakau, tanaman pangan, peternakan, real estate, komunikasi, industri TPT, industri barang dari logam, dan industri logam dasar.

"Ada sektor yang surviving dalam Covid-19, ini bagaimana membantunya. Sektor-sektor tersebut memberikan kontribusi terbesar pada pertumbuhan ekonomi dan ekspor," ujar Aida.

Baca juga: Distribusi Vaksin Covid-19 Masih Tunggu Fatwa Halal dari MUI

Kedua, pemerintah perlu mempercepat penyerapan anggaran alias stimulus untuk Covid-19. BI dalam hal ini bisa membantu pendanaan sesuai dengan ketentuan dalam Surat Keputusan Bersama (SKB).

Lalu, sinergi juga diperlukan untuk mengatasi masalah credit crunch di sektor keuangan, akselerasi ekonomi dan keuangan digital, serta melanjutkan kebijakan moneter dan makroprudensial yang akomodatif dan sesuai dengan kebutuhan.

"(Peran) BI ada di strategi keempat dan kelima. Bagaimana kita bisa melanjutkan stimulus ekonomi. Perlu saya sampaikan, kebijakan moneter akan terus akomodatif selama tidak ada tekanan terhadap inflasi," pungkas Aida.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com