Menkop UKM Ajak Petani Kembangkan Model Bisnis Sirkuit Ekonomi

Kompas.com - 07/12/2020, 17:31 WIB
Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki (Dok. Kemenkop UKM) Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki (Dok. Kemenkop UKM)
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengajak para petani mengembangkan model bisnis sirkuit ekonomi.

"Sirkuit ekonomi bisa dibangun lewat koperasi. Seluruh produksi mulai hulu hingga hilirnya, petani juga bisa menikmati hasil keuntungan itu. Saya ingin ajak para petani kembangkan model bisnis sirkuit ekonomi," ujarnya mengutip siaran resminya, Senin (7/12/2020).

Teten menjelaskan model sirkuit ekonomi melalui koperasi adalah petani sebagai anggota koperasi fokus untuk meningkatkan kualitas hasil pertanian. Sementara itu koperasi fokus dalam pengolahan dan pemasaran hasil pertanian.

Baca juga: Jaga Momentum Positif Kedatangan Vaksin, BI Sarankan Hal Ini

Dengan begitu kata Teten, petani dan koperasi akan saling menguntungkan. Selain itu, kerja sama tersebut dinilai akan membuat roda perekonomian berjalan.

"Diharapkan ke depan petani dapat hasil panen dari hasil pertanian. Nanti sebagai anggota koperasi, menjual hasilnya ke koperasi. Koperasinya kembangkan pengolahannya dapat SHU dari hasil pengolahannya. Koperasi pasarkan juga dapat dari hasil penjualannya," ungkapnya.

Teten juga mengajak para petani untuk memodernisasi usahanya, agar bila terjadi stok melimpah dan kualitas yang kurang, maka hasil pertanian bisa diolah dalam bentuk lain.

Dengan adanya sentuhan teknologi, Teten yakin hasil pertanian akan menjadi produk makanan minuman yang memiliki nilai ekonomi.

Baca juga: Pemerintah Siapkan Rp 60,5 Triliun Untuk Pengadaan Vaksin Tahun Depan



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X