Ternyata Ini Penyebab Mahasiswa Rantau Jadi Boros

Kompas.com - 08/12/2020, 06:07 WIB
Ilustrasi. HaloMoney.co.idIlustrasi.

KOMPAS.com - Menjadi hal yang lumrah bagi kamu, mahasiswa rantau pergi sendirian keluar kota untuk kuliah. Dengan tinggal sendirian dan baru merasakan kebebasan, banyak akhirnya mahasiswa rantau mengalami berbagai penyakit keuangan.

Rizqi Syam, Perencanaan Keuangan Finansialku.com, menjelaskan bahwa salah satu penyakit keuangan yang dimiliki mahasiswa rantau, yaitu tidak memiliki anggaran keuangan yang menyebabkan mahasiswa sering boros.

Masalah anggaran ini sering sekali disepelekan, karena beranggapan mereka merasa aman finansial dari keluarga yang berkecukupan.

Baca juga: Mahasiswa Takut Berinvestasi? Simak Tips Ini

Padahal mengatur anggaran keuangan penting dilakukan agar kedewasaan mengelola uang bisa timbul dan uang tidak gampang disepelekan.

Dengan mengatur anggaran, kamu bisa dengan bijak menentukan pos-pos keuangan agar timbul kebiasaan yang baik ke depannya.

Jika kamu menyadari bahwa kamu adalah mahasiswa rantau yang boros, simak cara mengelola keuangan berikut ini.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Kenali kebutuhan dan keinginan

Menurut Rizqi, kebutuhan dan keinginan setiap orang akan sangat beragam dan berbeda.

Oleh sebab itu, cermat dalam mengatur keuangan adalah sebuah softskills yang harus kamu latih dari sekarang.

Catat apa yang sangat kamu butuhkan tiap bulannya, dan apa yang kamu inginkan sebagai bentuk self-reward dari apa yang telah kamu lakukan. Catat lengkap pula dengan harganya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X