Tekan Impor Elpiji, Pertamina Gandeng Perusahaan Batu Bara

Kompas.com - 08/12/2020, 06:39 WIB
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati (Dok. Pertamina) Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati (Dok. Pertamina)

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) tenga fokus mengembangkan pengembangan program gasifikasi batubara yang dapat diproses menjadi bahan bakar pengganti elpiji, yaitu Dimethyl Ether (DME).

Program gasifikasi batubara sebetulnya sudah dimulai Pertamina sejak beberapa waktu lalu.

Kini Pertamina melanjutkan program tersebut dengan menggandeng lebih banyak perusahaan batu bara, diantaranya adalah PT Adaro Energy Tbk dan PT Indika Energy Tbk.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan, program gasifikasi batubara merupakan upaya perseroan untuk mengembangkan energi alternatif dengan bahan baku yang banyak terdapat di Indonesia sekaligus mengurangi impor elpiji.

Baca juga: Pertamina Siap Terbitkan Surat Utang untuk Investasi ke Energi Baru Terbarukan

Namun ia menekankan pentingnya penerapan teknologi yang tepat dalam program ini sehingga dapat mengurangi dampak lingkungan yang dikhawatirkan dari penggunaan batu bara.

"Dengan banyaknya sumber daya yang dimiliki Indonesia dan teknologi yang tepat, maka isu lingkungan dapat dibuktikan. Bahwa program gasifikasi batubara menjadi DME menggantikan LPG tidak akan menjadi isu lingkungan di Indonesia. Pemilihan teknologi menjadi kunci,” tuturnya dalam keterangan tertulis, Selasa (8/12/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, Komisaris Adaro Energy Arini Saraswaty Subianto meyakini, kerja sama ini akan mampu menciptakan lapangan kerja baru di dalam negeri.

“Mengurangi defisit neraca perdagangan, mengurangi beban subsidi pada APBN, dan menjadi katalis untuk pertumbuhan ekonomi, baik di tingkat lokal maupun nasional,” ujarnya.

Direktur Utama Indika Energy Arsjad Rasjid mengatakan, pihaknya mendukung langkah Pertamina untuk mengembangkan gasifikasi batu bara.

Pasalnya, langkah tersebut diproyeksi mampu menggenkot roda perekonomian nasional.

“Indika Energy berharap inisiatif ini dapat mendorong pengembangan teknologi hilirisasi batubara yang mumpuni, menciptakan investasi baru, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional,” ucapnya.

Baca juga: Ahok: Mungkin Beberapa Kilang Pertamina Akan Ditutup...



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.