Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

45 Juta Bahan Baku Vaksin Covid-19 Akan Tiba di Indonesia hingga Januari 2021

Kompas.com - 08/12/2020, 14:04 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia telah menerima 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 siap pakai buatan Sinovac beberapa hari yang lalu. Selanjutnya, akan datang lagi dalam waktu dekat ini 1,8 juta vaksin dari Sinovac.

Direktur Utama PT Bio Farma Honesti Basyir mengatakan, selain yang siap pakai, pada Desember 2020 ini juga akan tiba 15 juta bahan baku vaksin Covid-19.

“Setelah kedatangan vaksin perdana ini, selanjutnya berturut-turut kita akan kembali mendatangkan di Desember ini sebanyak 15 juta dosis dalam bentuk bahan baku atau bulk,” ujar Honesti dalam konferensi pers virtual, Selasa (8/12/2020).

Baca juga: Vaksin Covid-19 Tiba di Indonesia, Pengusaha Optimistis Ekonomi Segera Pulih

Honesti menambahkan, pada Januari 2021 juga akan tiba 30 juta dosis bahan baku vaksin Covid-19. Sehingga, nantinya total yang akan diterima sebanyak 45 juta dosis bahan baku vaksin.

“Keseluruhan vaksin yang akan tiba adalah jenis vaksin yang sama dengan yang telah dilakukan uji klinis fase III di Indonesia maupun Brazil dan beberapa negara lainnya,” kata Honesti.

Baca juga: Jaga Momentum Positif Kedatangan Vaksin, BI Sarankan Hal Ini

Sementara itu, untuk 1,2 juta dosis vaksin yang telah diterima Bio Farma, sebagiannya saat ini tengah dilakukan pengujian oleh BPPOM. Pengujian itu dilakukan agar bisa mendapat izin penggunaannya.

“Total vaksin yang kami terima kemarin 1.200.568. Dimana 568 ini akan dialokasikan untuk dilakukan pengujian mutu yang akan dilakukan bersama Bio Farma maupun di BPPOM,” ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com