Vaksin Covid Bawa Sentimen Positif ke Pasar Modal, Waktunya Investasi?

Kompas.com - 08/12/2020, 14:32 WIB
Ilustrasi bursa thikstockIlustrasi bursa

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Direktur PT BNP Paribas Asset Management Priyo Santoso mengatakan, dampak Covid-19 menyebabkan kondisi pasar dan ekonomi berada di posisi paling rentan sejak krisis keuangan global di tahun 2008 lalu.

Namun, ia berpendapat bahwa peluang investasi masih tersedia meskipun terjadi pergerakan yang sangat fluktuatif di pasar. Terlebih adanya kedatangan vaksin Covid-19 di Indonesia, menurutnya bakal membawa dampak positif.

"Perkembangan vaksin Covid-19 belakangan menjadi berita yang cukup menggembirakan bagi pasar dan berpotensi menjadi ‘game changer’ untuk pemulihan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Kami percaya bahwa prospek makro Indonesia masih positif jika melihat kondisi current account deficit yang menyempit, tingkat inflasi yang terus rendah, serta tren melemahnya Dolar AS," katanya melalui keterangan tertulis, Selasa (8/12/2020).

Baca juga: 45 Juta Bahan Baku Vaksin Covid-19 Akan Tiba di Indonesia Hingga Januari 2021

Selain itu, lanjut Priyo, dengan mempertimbangkan APBN 2021 yang lebih berfokus pada pertumbuhan ekonomi, dampak positif dari kerangka Omnibus Law Undang-Undang (UU) Cipta Kerja bagi industri secara sektoral serta pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, diharapkan bisa membuka jalan bagi pemulihan ekonomi di Indonesia secara bertahap.

"Namun, kami juga perlu mengingatkan investor untuk senantiasa menyesuaikan profil risiko dengan tujuan investasi mereka dan menerapkan pendekatan diversifikasi sebelum mengambil keputusan investasi," ujar dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X