Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vaksin Covid Bawa Sentimen Positif ke Pasar Modal, Waktunya Investasi?

Kompas.com - 08/12/2020, 14:32 WIB
Ade Miranti Karunia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Direktur PT BNP Paribas Asset Management Priyo Santoso mengatakan, dampak Covid-19 menyebabkan kondisi pasar dan ekonomi berada di posisi paling rentan sejak krisis keuangan global di tahun 2008 lalu.

Namun, ia berpendapat bahwa peluang investasi masih tersedia meskipun terjadi pergerakan yang sangat fluktuatif di pasar. Terlebih adanya kedatangan vaksin Covid-19 di Indonesia, menurutnya bakal membawa dampak positif.

"Perkembangan vaksin Covid-19 belakangan menjadi berita yang cukup menggembirakan bagi pasar dan berpotensi menjadi ‘game changer’ untuk pemulihan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Kami percaya bahwa prospek makro Indonesia masih positif jika melihat kondisi current account deficit yang menyempit, tingkat inflasi yang terus rendah, serta tren melemahnya Dolar AS," katanya melalui keterangan tertulis, Selasa (8/12/2020).

Baca juga: 45 Juta Bahan Baku Vaksin Covid-19 Akan Tiba di Indonesia Hingga Januari 2021

Selain itu, lanjut Priyo, dengan mempertimbangkan APBN 2021 yang lebih berfokus pada pertumbuhan ekonomi, dampak positif dari kerangka Omnibus Law Undang-Undang (UU) Cipta Kerja bagi industri secara sektoral serta pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, diharapkan bisa membuka jalan bagi pemulihan ekonomi di Indonesia secara bertahap.

"Namun, kami juga perlu mengingatkan investor untuk senantiasa menyesuaikan profil risiko dengan tujuan investasi mereka dan menerapkan pendekatan diversifikasi sebelum mengambil keputusan investasi," ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com