Tujuh UKM Indonesia Ekspor Perdana ke Hong Kong hingga Arab Saudi

Kompas.com - 08/12/2020, 19:17 WIB
Ilustrasi kapal barang. SHUTTERSTOCKIlustrasi kapal barang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak tujuh perusahaan skala kecil dan menengah (UKM) berhasil melakukan ekspor perdana beragam produk ke berbagai negara.

Total nilai ekspornya sebesar 206.108 dollar AS atau sekitar Rp 3,02 miliar dengan tujuan ke Hong Kong, India, Jepang, Singapura, dan Arab Saudi.

Ketujuh eksportir tersebut yakni PT Lestari Jaya Bangsa dari Jawa Tengah dengan produk emping belinjo, UD Sinar Mulyo dari Jawa Tengah dengan produk kapuk fiber, dan CV Yukari Cahaya Abadi dari Jawa Timur dengan produk tempat tidur sapi.

Baca juga: Ini Manfaat Keterlibatan UMKM dalam Kegiatan Ekspor Serentak

Selain itu, PT Rimbun Alam Dewata dari Bali dengan produk bawang merah, CV Aromata Anugrah Sultan dari Sulawesi Selatan dengan produk kemiri olahan, PT Syam Surya Mandiri dari Kalimantan Timur dengan produk udang beku, serta CV Masagenah dari Kalimantan Timur dengan produk lidi nipah.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto keberhasilan ekspor perdana tersebut menunjukkan kemampuan UKM dalam negeri untuk meningkatkan daya saing produk dan memanfaatkan peluang pasar global.

Diharapkan capaian ketujuh UKM tersebut bisa menjadi contoh bagi para pelaku UKM lainnya yang belum menembus pasar ekspor.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Susu Masih Impor, Kemenkop UKM Ingin Perkuat Korporatisasi Peternak

"Ketujuh pelaku UKM tersebut tentunya diharapkan dapat memotivasi dan menjadi contoh bagi pelaku UKM yang lain untuk terus mengembangkan produknya dan memperluas pasar," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (8/12/2020).

Ia pun mendorong pelaku UKM untuk terus berinovasi dan mengembangkan produk-produknya agar semakin banyak produk-produk UKM yang menembus pasar internasional.

Untuk semakin mendorong kinerja ekspor UKM dalam negeri, Kementerian Perdagangan dipastikan akan terus mendukung dan memfasilitasi para pelaku UKM agar dapat meningkatkan daya saingnya. Sehingga produk-produknya pun semakin kompetitif di pasar global.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.