Kompas.com - 09/12/2020, 10:42 WIB
Gita Ari Sandi, salah satu penerima manfaat program Zmart. Warung Zmart milik Gita terletak di Jalan Dukuh 5, Kramat Jati, Jakarta Timur. Dok. Bank Permata SyariahGita Ari Sandi, salah satu penerima manfaat program Zmart. Warung Zmart milik Gita terletak di Jalan Dukuh 5, Kramat Jati, Jakarta Timur.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan UPZ BAZNAS Bank Permata Tbk memberdayakan mustahik pada masa pandemi Covid-19 ini melalui Program Zmart dan program pembiayaan ekonomi mikro.

Bantuan program yang diterima oleh mustahik mencapai total Rp 1,5 Miliar di 4 lokasi, yaitu Jakarta, Tangerang, Depok, dan Bogor.

Direktur Operasi Baznas, Wahyu TT Kuncahyo mengatakan, bantuan diwujudkan dengan bantuan modal usaha dalam bentuk barang-barang dagangan, bantuan branding berupa renovasi ringan, dan pemasangan papan nama serta bantuan perlengkapan yang dibutuhkan warung.

“Keadaan ekonomi yang terus menurun dan adanya pembatasan sosial berskala besar juga berdampak pada para pelaku usaha mikro dan kecil. Oleh karena itu, Baznas dan UPZ PT Bank Permata Tbk bekerja sama untuk memberikan bantuan modal usaha,” kata Wahyu dalam siaran pers, Rabu (9/12/2020).

Baca juga: Ini Beda Investor China Dibanding Jepang di Mata Kepala BKPM

Sedangkan program pembiayaan mikro dilakukan dengan memberikan bantuan modal kepada para mustahik khususnya pada bidang kuliner, warung ritel mikro, jasa, dan kepada para nelayan.

Program pembiayaan mikro ini dilakukan di tujuh lokasi Baznas Microfinance Desa (BMD) yakni di Kabupaten Bogor, Bukittinggi, Lombok Barat, Sigi, Bekasi, Aceh dan satu titik Layanan Baznas Microfinance di Matraman, Jakarta Timur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia berharap, kegiatan ini dapat membantu meningkatkan kesejahteraan mustahik yang terdampak Covid-19 sehingga dapat melewati krisis ini.

"Kami mendukung dengan penuh program dari Baznas untuk pemberdayaan ekonomi mustahik ini yg diejawantahkan dengan program saudagar Zmart di 4 kota dan juga pembiayaan mikro di 7 lokasi. Kami dari Bank Permata Syariah atas nama manajemen berbahagia sekali dan mengucapkan terima kasih kepada Baznas," ucap Wakil Ketua UPZ Baznas Bank Permata Tbk, Feddy Fadillah.

Sebagai informasi, program Zmart adalah program pemberdayaan ekonomi mustahik dalam meningkatkan eksistensi dan kapasitas usaha retail mikro untuk mengangkat skala usaha.

Saat ini penerima manfaat program Zmart dan pembiayaan usaha di berbagai kota mencapai 1.072 mustahik. Sementara program pembiayaan mikro pada tahun 2020 ini saja telah dimanfaatkan oleh 6.280 kepala keluarga mustahik.

Baca juga: AirNav Proyeksi Pergerakkan Pesawat Capai 109.002 pada Periode Nataru

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.