UMKM Harus Perhatikan Hal Ini jika Ingin Go Global

Kompas.com - 09/12/2020, 13:07 WIB
Ilustrasi digitalisasi bagi UMKM. DOK. SHUTTERSTOCKIlustrasi digitalisasi bagi UMKM.

JAKARTA, KOMPAS.com - Masuk ke pasar global adalah cita-cita semua pengusaha khususnya para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM). Namun demikian, tidak sedikit yang mengetahui bagaimana caranya.

Country Head for Public Policy Lazada Indonesia (Alibaba Group) Waizly Darwin membeberkan setidaknya ada 5 hal yang harus diperhatikan ketika UMKM ingin terjun ke pasar global.

"5 hal itu saya masukkan ke 5M yaitu Mindset, Market Knowledge, Marketing, Management, dan Money. Ini yang harus dipersiapkan betul-betul oleh pelaku UMKM," ujarnya saat jumpa pers virtual BRIlianpreneur 2020, Rabu (9/12/2020).

Baca juga: Ini Manfaat Keterlibatan UMKM dalam Kegiatan Ekspor Serentak

Menurut dia, memiliki uang yang banyak tidak akan cukup untuk terjun ke pasar global. Namun lebih dari itu, dia mengatakan, memiliki mindset yang mendukung dan mau untuk terus belajar juga salah satu kuncinya.

Dia mengakui, banyak sekali pengusaha yang terjun ke market online, namun sayangnya banyak juga yang tidak bisa bertahan lama.

"Banyak yang pindah dari offline ke online itu gagal. Kenapa gagal? Karena mindsetnya enggak ada," ucapnya.

Baca juga: Dampak Pandemi, Ekonom: Aktivitas Bisnis UMKM Semakin Membaik

Dia juga mengatakan ketika pengusaha sudah terjun ke pasar global, managemen yang dimiliki ketika mengurus usahanya, tidak boleh berantakan. Cara mengeksekusi dan mempertahankan bisnisnya pun harus tetap dijaga dengan optimal.

"Jadi ini memang benar-benar harus diperhatikan. Kalau memang mau terjun ke pasar global jangan hanya bermodalkan uang saja," sebutnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X