Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UMKM Harus Perhatikan Hal Ini jika Ingin Go Global

Kompas.com - 09/12/2020, 13:07 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masuk ke pasar global adalah cita-cita semua pengusaha khususnya para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Namun demikian, tidak sedikit yang mengetahui bagaimana caranya.

Country Head for Public Policy Lazada Indonesia (Alibaba Group) Waizly Darwin membeberkan setidaknya ada 5 hal yang harus diperhatikan ketika UMKM ingin terjun ke pasar global.

"5 hal itu saya masukkan ke 5M yaitu Mindset, Market Knowledge, Marketing, Management, dan Money. Ini yang harus dipersiapkan betul-betul oleh pelaku UMKM," ujarnya saat jumpa pers virtual BRIlianpreneur 2020, Rabu (9/12/2020).

Baca juga: Ini Manfaat Keterlibatan UMKM dalam Kegiatan Ekspor Serentak

Menurut dia, memiliki uang yang banyak tidak akan cukup untuk terjun ke pasar global. Namun lebih dari itu, dia mengatakan, memiliki mindset yang mendukung dan mau untuk terus belajar juga salah satu kuncinya.

Dia mengakui, banyak sekali pengusaha yang terjun ke market online, namun sayangnya banyak juga yang tidak bisa bertahan lama.

"Banyak yang pindah dari offline ke online itu gagal. Kenapa gagal? Karena mindsetnya enggak ada," ucapnya.

Baca juga: Dampak Pandemi, Ekonom: Aktivitas Bisnis UMKM Semakin Membaik

Dia juga mengatakan ketika pengusaha sudah terjun ke pasar global, managemen yang dimiliki ketika mengurus usahanya, tidak boleh berantakan. Cara mengeksekusi dan mempertahankan bisnisnya pun harus tetap dijaga dengan optimal.

"Jadi ini memang benar-benar harus diperhatikan. Kalau memang mau terjun ke pasar global jangan hanya bermodalkan uang saja," sebutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com