Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Mulyani: Sikap Kita Sama, Tidak Ada Toleransi terhadap Korupsi

Kompas.com - 09/12/2020, 15:53 WIB
Fika Nurul Ulya,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengingatkan tidak ada kata maklum bagi tindakan korupsi, utamanya saat stimulus fiskal dikucurkan untuk meminimalisasi dampak pandemi Covid-19.

Melalui Instagram resminya, Rabu (9/12/2020), peringatan itu dilayangkan seiring dengan peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2020.

"Hari ini, lusa, dan selamanya, sikap kita harus selalu sama, tidak ada toleransi terhadap korupsi," tulis Sri Mulyani dengan tulisan berhuruf besar.

Baca juga: Benarkah Passion Kunci Penentu Kesuksesan Karier?

Wanita yang akrab disapa Ani ini mengajak jajarannya dan seluruh masyarakat Indonesia untuk terus memberantas korupsi.

Sebab, peran memberantas korupsi bukan hanya tugas petinggi di Kementerian Keuangan, Inspektorat Jenderal, melainkan juga kewajiban seluruh masyarakat.

Dia ingin seluruh elemen menutup celah yang menjadi penyebab korupsi.

Salah satunya dengan memperbaiki aturan dan proses bisnis, serta memanfaatkan teknologi agar pencatatan semakin transparan dan real-time.

"Ciptakan suasana kerja yang transparan dan terbuka, yang dapat saling menjaga dan mengawasi tingkah laku dan keputusan kita tetap sesuai sumpah jabatan kita semua," ucap Ani.

Baca juga: Vaksin Covid Datang, Bos Bio Farma Optimistis Ekonomi RI Tahun Depan Lebih Baik

Bendahara negara ini juga menuturkan, korupsi makin harus diberantas saat pandemi Covid-19 mengancam, ketika pemerintah secara jor-joran menebar stimulus berupa jaring pengaman sosial (social safety net) kepada masyarakat.

Apalagi pemerintah sudah memperluas defisit APBN saat kedaruratan Covid-19 harus ditangani secara cepat, cermat, tepat, dan hati-hati.

Baginya, korupsi adalah tindakan kejam, mencuri hak rakyat, merusak, dan menodai nama baik organisasi maupun akhlak pribadi.

"Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberi kekuatan untuk kita selalu amanah dan memilih jalan yang benar dan bersih," harap Ani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com