Bos Pertamina Masuk Jajaran Wanita Paling Berpengaruh Dunia Versi Forbes

Kompas.com - 10/12/2020, 06:30 WIB
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati (Dok. Pertamina) Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati (Dok. Pertamina)

JAKARTA, KOMPAS.com - Forbes kembali merilis daftar 100 wanita paling berpengaruh dunia atau The World’s Most Powerful Women.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, menjadi salah satu wanita asal Indonesia yang berhasil masuk ke daftar tersebut.

Dalam daftar tahun ini, Forbes menempatkan Nicke pada peringkat ke-25 dari 100 wanita berpengaruh dunia.

Baca juga: Pengembangan EBT Jadi Jurus Pertamina Capai Target Valuasi Pasar 100 Miliar Dollar AS

Forbes menulis, Nicke dipercaya pemerintah untuk memimpin BUMN terbesar di Indonesia. Pada Juni 2020, pemerintah bahkan meyakini, wanita lulusan Insititut Teknologi Bandung itu masih menjadi orany paling tepat untuk menahkodai Pertamina.

Selain itu, Forbes juga menyoroti kinerja keuangan Pertamina tahun lalu yang mampu membukukan pendapatan hampir 55 miliar dollar AS dan laba sekitar 2,5 miliar dollar AS.

Menanggapi hal tersebut, Nicke menilai capaian itu dapat tercapai juga karena kinerja seluruh tim Pertamina baik pekerja maupun level top manajemen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Banyak target dan tanggung jawab yang harus dilakukan Pertamina untuk mencapai visi perusahaan sebagai perusahaan energi kelas dunia. Satu per satu tantangan dapat kami lampaui dengan kerja sama tim yang  amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan juga kolaboratif,” tuturnya dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis (10/12/2020).

Ia menambahkan, tantangan ke depan tidak akan lebih mudah, terutama karena hampir semua lini bisnis harus bangkit pasca pandemi Covid-19.

Baca juga: Ahok: Mungkin Beberapa Kilang Pertamina Akan Ditutup...

“Selain menjalan penugasan dari pemerintah, kami juga memastikan setiap program yang kami jalankan dapat menjadi multiplier effect bagi sektor lainnya sehingga dapat menggiatkan perekonomian nasional, mendorong investasi dan menciptakan lapangan kerja. Semoga ini dapat membantu Indonesia pulih dari pandemi Covid-19,” ucapnya.

Sebagai informasi, Nicke bukan satu-satunya wanita asli nusantara yang berhasil masuk daftar wanita paling berpengaruh dunia versi Forbes. Pada urutan ke-78, Forbes menempatkan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X