Bos BRI: Sudah Rp 754 Triliun Kredit Digelontorkan untuk UMKM

Kompas.com - 10/12/2020, 11:39 WIB
Direktur Utama BRI Sunarso. Dok. BRIDirektur Utama BRI Sunarso.

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Sunarso mengatakan, perseroan telah menyalurkan kredit Rp 754 triliun untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Ekuivalen dengan 80,65 persen dari total kredit BRI sebesar Rp 935 triliun," kata Sunarso dalam Pembukaan UMKM Export Briliantpreneur secara virtual, Kamis (10/12/2020).

Sementara itu, terkait penempatan dana pemerintah berupa deposito ke Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) BRI telah menyalurkan 3 kali lipat dari dana yang ditempatkan sebesar Rp 15 triliun.

Kredit tersebut sudah disalurkan ke 1,2 juta nasabah.

Baca juga: Ini Manfaat Keterlibatan UMKM dalam Kegiatan Ekspor Serentak

Adapun subsidi bunga, BRI sudah menyalurkan Rp 4,5 triliun subsidi bunga UMKM yang diterima oleh 6,6 juta nasabah mikro.

"Diterima oleh 6,6 juta nasabah mikro, di mana KUR super mikro kami salurkan Rp 7,4 triliun diterima 844.000 nasabah," ucap Sunarso.

Tak hanya itu, perseroan juga menyalurkan subsidi gaji sebesar Rp 3,5 triliun yang diterima oleh 2,9 juta penerima.

"Selain stimulus untuk menyelamatkan UMKM di Indonesia, BRI telah merestrukturisasi kredit sebesar Rp 213 triliun kepada 2,9 juta nasabah sesuai dengan peraturan OJK 11/2020," pungkasnya.

Berdasarkan data OJK, kredit pada September 2020 hanya tumbuh sebesar 0,12 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Pertumbuhan kredit menurun signifikan dibanding Maret 2020 sebesar 7,95 persen.

Baca juga: Kadin Nilai Pelepasan Ekspor oleh Presiden Bisa Memotivasi Pelaku UMKM



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X