Pandemi Tak Berpengaruh, Setoran Sektor Minerba Lampaui Target

Kompas.com - 10/12/2020, 12:08 WIB
Ilustrasi tambang TOTO SIHONOIlustrasi tambang

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 telah memberikan pukulan telak terhadap berbagai sektor industri nasional, tak terkecuali sektor mineral dan batu bara atau minerba. Namun, hal tersebut dinila tidak mempengaruhi setoran sektor tambang tersebut kepada pemerintah.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bahkan mencatat, realisasi penerimaan negara bukan pajak (PNBP) sektor minerba telah melampaui target APBN Perubahan 2020.

"Untuk penerimaan negara, dari target Rp 31,41 triliun tahun 2020 dengan perubahan target nasional, Alhamdulillah saat ini sudah tercapai Rp 31,54 triliun. Artinya sudah melebihi target yaitu 100,4 persen," ujar Direktur Pembinaan Pengusahaan Batubara Kementerian ESDM, Sujatmiko, dalam konferensi Minerba Virtual Expo 2020, Kamis (10/12/2020).

"Itu bukti kondisi pandemi Covid-19 tidak mempengaruhi target yang telah ditetapkan pemerintah pada subsektor minerba," tambahnya.

Baca juga: Daur Ulang Minyak Jelantah Jadi Biodiesel, Kelompok Masyarakat ini Raup Omzet Rp 2 Juta per Hari

Menurut dia, hal tersebut bisa terealisasi dengan adanya adaptasi yang dilakukan para perusahaan tambang di tengah pandemi yang telah merebak sejak Maret lalu.

Pandemi Covid-19 memaksa para pelaku usaha untuk mengedepankan protokol kesehatan agar dapat tetap beroperasi di tengah ancaman penyebaran virus tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Artinya kegiatan operasi di lapangan tetap dilakukan sesusai dengan target-target yang telah ditetapkan, dengan menerapkan protokol kesehatan dalam rangka antisipasi Covid-19," tuturnya.

Dengan dilaksanakannya hal tersebut, berbagai target yang ditetapkan pemerintah pada subsektor minerba disebut dapat dimaksimalkan pencapainnya.

Seperti hal nya produksi batu bara, yang saat ini realisasinya sudah mencapai 514 juta ton, atau setara 95 persen dari target 550 juta ton hingga akhir tahun 2020.

"Harapannya akhir tahun tidak jauh dari target 550 juta ton," katanya.

Baca juga: Dapat Anggaran Rp 7 Triliun, Ini 4 Fokus Kementerian ESDM Tahun Depan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.