Ini Alasan di Balik Mahalnya Harga Tanaman Hias

Kompas.com - 10/12/2020, 12:40 WIB
Tanaman hias jenis monstera atau janda bolong (kiri) dan jenis philodendron (kanan) yang dibudidayakan oleh Mas Ayu Febiryanti. Mas Ayu FebiryantiTanaman hias jenis monstera atau janda bolong (kiri) dan jenis philodendron (kanan) yang dibudidayakan oleh Mas Ayu Febiryanti.

JAKARTA, KOMPAS.com - Budidaya tanaman hias menjadi tren di kalangan masyarakat saat ini. Rasanya pandemi Covid-19 membuat masyarakat lebih punya banyak waktu luang untuk melakukan hobinya, seperti merawat tanaman hias.

Tetapi siapa sangka bahwa tanaman hias bisa berharga fantastis, bahkan mencapai miliaran rupiah per pot. Ada beberapa alasan dibalik mahalnya harga tanaman hias.

Salah satu penjual tanaman hias yang sudah menembus pasar ekspor, Mas Ayu Febiryanti mengatakan, tingginya permintaan dan terbatasnya stok tanaman hias tertentu bisa membuat harganya melambung tinggi.

"Pertama pasti karena keterbatasan stok tanamanan hias tersebut," ujarnya kepada Kompas.com, dikutip Kamis (10/12/2020).

Baca juga: Mengintip Hijaunya Bisnis Tanaman Hias yang Tembus Eropa hingga AS

Alasan lainnya adalah kualitas dari tanaman hias itu sendiri. Menurut pemilik akun instagram @floraayunusantara itu, tampilan tanaman hias yang nampak lebih sehat dan warna yang lebih bagus, maka bisa membuat harganya dibanderol sangat tinggi.

Ia bilang, meski jenis tanamannya sama, tetapi secara tampilan bisa beda, mulai dari ukurannya, warnanya, hingga kesehatannya. Tak selalu hasil dari budidaya tanaman hias jenis tertentu akan menghasilkan tampilan yang sama.

"Jadi karena tampilannya, saya bisa saja jual lebih mahal, daripada seller lainnya. Mungkin nama tanamannya sama, tapi ukuran, warna, dan kesehatan bisa beda, itu yang menentukan harganya bisa lebih mahal dan tetap diterima oleh pasar," jelas Ayu.

Dia mencontohkan, seperti tanaman hias monstera yang saat ini paling dicari konsumen, memiliki beragam jenis sehingga harganya pun bisa berbeda-beda dan terbilang mahal.

Di antaranya, ada monstera deliciosa, monstera adansonii, monstera borsigiana, monstera obliqua, monstera variegata, monstera dubia, hingga monstera siltepecana.

Namun utamanya, yang paling banyak diminati saat ini adalah jenis variegata, seperti monstera deliciosa variegata dan monstera adansonii variegata.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X