Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Vaksin Covid-19 Telah Masuk RI, Bos BCA Prediksi Ekonomi Baru Normal pada 2022

Kompas.com - 10/12/2020, 14:29 WIB
Ade Miranti Karunia,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Bank Central Asia (BCA) Jahja Setiaatmadja memperkirakan kondisi perekonomian Indonesia akan pulih atau normal kembali pada 2022.

Dunia perbankan masih memantau bagaimana dampak kehadiran vaksin Covid-19 di Indonesia.

"Saya pikir ke depan, kalau untuk mengembalikan seperti semula ya kita berharap vaksin itu bisa efektif. Namun dengan catatan, masalah delivery, masalah kepercayaan masyarakat, masalah distribusi ini yang kita belum tahu bagaimana bahwa target kita minimal 100 juta penduduk sudah bisa tervaksin," kata Jahja dalam webinar virtual, Kamis (10/12/2020).

Baca juga: Ada Vaksin Covid-19, Bank DBS Ramal Pertumbuhan Kredit Tumbuh hingga 7 Persen

"Bahwa tahun 2021 ada vaksinasi, tapi kalaupun ini sampai Juni target pemerintah, artinya setengah tahun tetap seperti sekarang. Baru akan menggeliat after that. Tentu kita harapkan tidak terjadi apa-apa. Artinya, paling cepat back to normal itu 2022," sambung dia.

Selagi menantikan vaksin serta imunitas terealisasi dan terbentuk, menurut Jahja, sistem digitalisasi masih akan menjadi pilihan.

Dia menyebutkan, pemanfaatan digitalisasi hanya mencapai 70 persen.

"Mungkin dengan virtualisasi, digitalisasi kapasitas kita semua ini 50-70 persen saja. Kalau persiapan kita mau ada covid enggak ada covid saya pikir arah digitalisasi terbantu dengan enforcement karena covid ini harus digencarkan, enggak bisa kendor lagi. Ada dua hal yang harus kita perhatikan, tetap digitalisasi memasuki tahun-tahun ke depan," tutur dia.

Meski selama pandemi Covid-19, BCA mampu menyalip kinerjanya dibandingkan bank-bank kompetitor lainnya, Jahja pun berpendapat tidak ada strategi khusus untuk mempertahankan kredibilitas BCA.

Baca juga: Menko Airlangga: Vaksin dan UU Cipta Kerja Jadi Kunci Penggerak Ekonomi 2021

Dia berharap, ketika kondisi aktivitas perekonomian Tanah Air kembali seperti sebelum pandemi, BCA akan langsung membuka pelayanannya seperti semula.

"Di samping itu, kalau market-market offline kembali normal ya kita buka seperti biasa. Kalau soal strategi, enggak ada strategi khusus," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com