Stasiun Jurangmangu Tangsel Akan Dijadikan Kawasan Terintegrasi

Kompas.com - 11/12/2020, 07:29 WIB
Proyek apartemen dan rusun di Stasiun Jurangmangu Kompas.com / Dani PrabowoProyek apartemen dan rusun di Stasiun Jurangmangu

JAKARTA, KOMPAS.com - Stasiun Jurangmangu di Tangerang Selatan tengah direvitalisasi dan dikembangkan menjadi kawasan terintegrasi.

Hal itu diharapkan dapat menarik minat masyarakat untuk menggunakan angkutan umum massal khususnya KRL sehingga dapat mengurangi kemacetan dan polusi udara.

“Stasiun Jurangmangu sangat penting karena berada di tengah pembangunan yang pesat, di antaranya Bintaro Jaya. Saya berharap dapat segera ditindaklanjuti dengan langkah selanjutnya sesuai timeline yang telah disepakati. Ini juga menjadi komitmen kita bersama untuk tetap melakukan pembangunan di tengah pandemi,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangannya, Jumat (11/12/2020).

Baca juga: Anak Usaha Jasa Marga Garap Proyek TOD TMII

Berdasarkan rencana pengembangan, akan dilakukan sejumlah revitalisasi dan pengembangan di Stasiun Jurangmangu .

Misalnya, penataan area komersial dan penambahan kantong parkir.

“Saya berpesan kepada Pemkot Tangsel angkutan modanya ditertibkan dan juga dibuat secara khusus baik ke Bintaro Jaya dan sekitarnya, begitu ada bus-bus kecil yang ke sini praktis akan mengurangi kemacetan. Saya juga berpesan bahwa UKM juga dilibatkan, sehingga masyarakat sekitar bisa turut merasakan manfaatnya,” kata  Budi Karya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany menambahkan, Stasiun Jurangmangu sangat strategis dan akan mengurangi kemacetan di sekitarnya.

“Dengan revitalisasi stasiun Jurangmangu akan mengurangi permasalahan kemacetan yang terjadi pagi dan sore hari yang tentu akan membuat kenyamanan bagi masyarakat Tangerang Selatan untuk bisa membuat alternatif pilihan, untuk tidak menggunakan kendaraan pribadi tetapi akan menggunakan moda transportasi kereta api,” ucap Airin.

Baca juga: Cerita Jonan Saat Awal Menjabat Dirut PT KAI: Mulai dari Bersihkan Toilet Stasiun

Menurut Airin, revitalisasi ini sudah lama ditunggu oleh masyarakat Tangsel. Ia berharap dalam satu tahun pembangunannya akan selesai.

“Ini yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Harapannya mudah-mudahan pembangunannya dalam setahun ini sudah jadi, sehingga langsung dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Tangerang Selatan dan sekitarnya,” tutur dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.