Kompas.com - 11/12/2020, 07:58 WIB
Ilustrasi peluang bisnis digital. ThinkstockIlustrasi peluang bisnis digital.

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun ditempa oleh tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya karena pandemi, para pelaku usaha, khususnya UMKM, terus berjuang untuk melewati paruh terakhir tahun 2020 dengan harapan untuk memulai tahun 2021 dengan lebih kuat.

Country Manager Zilingo Indonesia Patrick Vaz membagikan delapan tips yang mudah diikuti sebagai pedoman UMKM untuk membantu mereka menutup tahun 2020 dengan baik dan siap menorehkan prestasi baru pada tahun 2021.

Pertama, melakukan evaluasi tujuan bisnis Anda di tahun 2020 untuk mengidentifikasi kemenangan dan hambatan yang ada.

Baca juga: [POPULER MONEY] Deretan Orang Terkaya di Indonesia | Alasan Mahalnya Tanaman Hias

Menurut Patrick, sebagai pelaku bisnis kecil, Anda perlu meninjau kembali tujuan tahun ini.

"Mengevaluasi aktivitas inti usaha Anda, lalu hasil evaluasi tersebut digunakan untuk mengukur kinerja bisnis Anda di tahun ini," ujar Patrick, dikutip dari keterangan persnya, Jumat (11/12/2020).

Kedua, meninjau laporan keuangan Anda dan jalankan laporan keuangan.

Cara yang bisa dilakukan yakni dengan mengumpulkan semua dokumen yang diperlukan, seperti laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas.

"Setelah itu, kembangkan laporan keuangan untuk menentukan apakah Anda berada di jalur yang tepat untuk memenuhi tujuan laba dan kebutuhan arus kas," kata Patrick.

Baca juga: Usulan Gaji PNS Naik 2021, Kementerian PANRB: Kemenkeu Belum Sepakat dengan Simulasi Kami

Ketiga, lakukan analisis kompetitif untuk mengukur posisi Anda.

Melaksanakan analisis kompetitif membutuhkan perencanaan, penelitian mendalam, dan introspeksi yang jujur agar dapat menentukan target dan menawarkan hasil yang lebih akurat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X