Vaksin dan Stimulus AS Berpeluang Dorong IHSG Melemah, Cek Rekomendasi Saham Hari Ini

Kompas.com - 11/12/2020, 08:11 WIB
Karyawan melintas di dekat layar pergerakan saham saat merebaknya wabah Covid-19 di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (28/4/2020). ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTAKaryawan melintas di dekat layar pergerakan saham saat merebaknya wabah Covid-19 di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (28/4/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksikan akan bergerak melemah pada Jumat (11/12/2020).

Sebelumnya, IHSG ditutup negatif dengan penurunan 0,18 persen pada level 5.933,69.

Analis Artha Sekuritas Dennis Christopher mengatakan, pergerakan IHSG menunjukkan tren koreksi jangka pendek karena sentimen penantian paket stimulus fiskal AS dan pendistribusian vaksin Covid-19 di dalam negeri.

Baca juga: IHSG DItutup Turun, Rupiah Berhasil Bangkit

“IHSG diprediksi melemah, karena secara teknikal pergerakan saat ini masih berpotensi mengalami koreksi dalam jangka pendek. Investor masih menanti perkembangan terkait stimulus Amerika Serikat dan distribusi vaksin di Indonesia,” kata Dennis, Kamis (10/12/2020).

Di sisi lain, potensi penyebaran Covid-19 yang lebih masif akibat pilkada di beberapa daerah masih menjadi perhatian.

Investor masih mewaspadai kenaikan kasus dalam beberapa hari terakhir.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nafan Aji, Analis Binaartha Sekuritas mengatakan, berdasarkan indikator, meskipun stochastic maupun RSI mulai menunjukkan kondisi jenuh beli atau overbought, adapun MACD, stochastic maupun RSI masih menunjukkan sinyal positif.

“Di sisi lain, pergerakan IHSG masih bertahan di atas garis MA 5 sehingga potensi markup atau penguatan kedepan masih terbuka lebar,” kata Nafan.

Baca juga: Ini Penyebab Saham Kalbe Farma Tak Ngegas seperti Saham BUMN Farmasi

Dennis memproyeksikan hari ini IHSG akan bergerak pada level support 5.894 sampai dengan 5.856, resistance pada level 5.987 sampai dengan 5.042.

Adapun rekomendasi teknikal dari dua perusahaan sekuritas untuk perdagangan di Bursa Efek Indonesia hari ini sebagai berikut:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.