Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap Harbolnas 12.12, Simak Imbauan Badan Perlindungan Konsumen

Kompas.com - 11/12/2020, 11:11 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) mengimbau masyarakat untuk lebih bijak dalam berbelanja, serta memperhatikan dengan detil tawaran yang diterima dari platform belanja online saat event hari belanja online nasional (Harbolnas) 12.12.

Harbolnas 12.12 merupakan kegiatan rutin para pelaku e-commerce yang diadakan tiap tahun pada 12 Desember, tak terkecuali pada tahun ini,

Ketua Komisi Komunikasi dan Edukasi BKPN Johan Effendi mengatakan, cermat berbelanja saat Habolnas sangat diperlukan mengingat tingginya keluhan pengguna layanan e-commerce yang masuk ke BPKN sepanjang tahun 2020, menjadi kedua yang terbesar di bawah sektor perumahan.

"Keluhan konsumen pengguna layanan e-commerce yang masuk ke BPKN sebesar 23,11 persen, nomor dua di bawah keluhan terhadap sektor perumahan yang sebesar 39,92 persen. Jumlah pengaduan yang masuk sebanyak 295 pengaduan,” ujar dia dalam keterangan tertulis, Jumat (11/12/2020).

Baca juga: Harbolnas 12.12, OVO, Grab, dan Tokopedia Tebar Promo Cashback hingga 90 Persen

Menurut dia, hingga 30 November 2020, BPKN telah memproses 206 pengaduan keluhan terkait layanan e-commerce tersebut, di mana 89 pengaduan telah diselesaikan dan hak konsumen dipulihkan.

Johan mengatakan, ada bermacam keluhan yang disampaikan konsumen pengguna layanan e-commerce. Seperti, masalah refund, phising dengan pengambilalihan one time password (OTP), pembelian barang yang bermasalah, cashback yang tidak diterima. voucher yang tidak bisa digunakan, hingga garansi yang tidak terpenuhi.

Oleh sebab itu, ia menegaskan untuk konsumen lebih cerdas dalam memanfaatkan ragam tawaran yang dipromosikan saat Harbolnas. Meski demikian, diakuinya bahwa Harbolnas turut menjadi momentum yang baik untuk bisa meningkatkan perekonomian Indonesia di tengah pandemi Covid-19

"BPKN mendukung penuh kegiatan ini, terutama untuk menghidupkan perekonomian nasional di era digital yang terdampak akibat pandemi. Harapannya, Harbolnas tahun ini dapat sedikit mengangkat ekonomi Indonesia yang pertumbuhannya masih negatif," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua BPKN Rizal E Halim menyatakan, bahwa keberhasilan Harbolnas tidak hanya sekedar ditentukan dari nilai transaksi yang terjadi, tetapi terkait pula dengan kenyamanan dan keamanan dalam bertransaksi, informasi yang benar dan akurat, serta produk yang berkualitas seperti dijanjikan.

Di sisi lain, sesuai Peraturan Pemerintah No.80/2019 tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik, BPKN pun mengimbau penyedia layanan e-commerce memberikan porsi yang besar bagi produk dalam negeri untuk dipasarkan dalam aplikasinya masing-masing.

Apalagi berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) sepanjang tahun ini sudah sebanyak 9,4 juta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sudah memanfaatkan platform online dalam memasarkan produknya.

"Oleh karena itu, konsumen perlu didorong agar juga bangga untuk membeli dan menggunakan produk hasil karya negeri sendiri,” kara Rizal.

Baca juga: Harbolnas 12.12, Akulaku Tebar Voucer dan Hadiah hingga Miliaran Rupiah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com