Harta 50 Orang Terkaya RI Merosot Rp 22,6 Triliun di Tengah Pandemi

Kompas.com - 11/12/2020, 14:34 WIB
Co-Founder Lion Air Group, Rusdi Kirana, di Kantor BRI Pusat, Jakarta, Selasa (15/11/2016). Achmad FauziCo-Founder Lion Air Group, Rusdi Kirana, di Kantor BRI Pusat, Jakarta, Selasa (15/11/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat perekonomian Indonesia kembali masuk ke jurang resesi untuk pertama kalinya sejak krisis keuangan pada 1997 lalu.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami kontraksi dua kali secara berturut-turut, yakni sebesar 5,34 persen di kuartal II dan berlanjut sebesar 3,49 persen di kuartal III tahun ini.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bukan terkoreksi lebih dari 10 persen dalam 12 bulan terakhir.

Dilansir dari Forbes, sejalan dengan redupnya kinerja IHSG, lebih dari separuh orang dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia mengalami penurunan nilai kekayaan.

 

Baca juga: Ini Daftar 15 Orang Terkaya Indonesia 2020, Siapa Saja?

Meski demikian, untuk mereka yang masuk dalam kategori super kaya, nilai kekayaannya hanya menurun 1,2 persen atau sekitar 1,6 miliar dollar AS (Rp 22,6 triliun) dari tahun lalu, yang sebesar Rp 134,6 miliar dollar AS atau sekitar Rp 1.906 triliun.

Saat ini secara keseluruhan total nilai kekayaan 50 orang terkaya di Indonesia sebesar 133 miliar dollar AS atau sekitar Rp 1.884 triliun.

Pasar petrokimia yang lemah di tengah pandemi menyebabkan harta Prajogo Pangestu merosot 21 persen menjadi 6 miliar dollar AS. Namun demikian, dia masih bertahan berada di posisi nomor ketiga orang terkaya di Indonesia.

Di sisi lain, ada empat orang yang berada di dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia pada tahun 2019 tidah dapat mempertahankan posisinya tahun ini.

Salah satu dari keempat orang tersebut yakni Kusnan dan Rusdi Kirana lantaran maskapai penerbangan mereka yang mengalami tekanan akibat industri aviasi yang terpukul pandemi Covid-19.

Meski demikian, ada beberapa konglomerat yang hartanya justru meningkat di tengah pandemi. Misalnya saja R Budi dan Michael Hartono, yang hartanya naik tipis jadi 38,8 miliar dollar AS.

Halaman:


Sumber Forbes
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X