Tiga dari 50 Orang Terkaya di Indonesia Berusia 40 Tahunan, Siapa Saja?

Kompas.com - 11/12/2020, 15:15 WIB
Iwan Lukminto forbes.com Iwan Lukminto

JAKARTA, KOMPAS.com - Forbes baru saja merilis daftar 50 orang terkaya di Indonesia. Di dalam daftar tersebut terdapat tiga orang termuda dengan usia di 40-an, yakni Ciliandra Fangiono yang berusia 44 tahun, Iwan Lukminto 45 tahun, dan Arini Subianto 49 tahun.

Ciliandra Fangiono merupakan CEO First Resources perusahaan sawit yang sahamnya tercatat di Singapura. Ciliandra menempati posisi ke 30 dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Total nilai kekayaannya mencapai 1,05 miliar dollar AS.

Perusahaan tersebut didirikan oleh ayahnya, Martias, lebih dari dua dekade yang lalu. Keluarga Fangiono pun memegang mayoritas saham perusahaan.

Baca juga: Melirik Pilihan Investasi Pribadi Bos Sritex

Forbes mencatat, kakaknya, Ciliandrew Fangiono, gemar mengoleksi sportcar dan supercar.

Selanjutnya ada Arini Subianto yang menempati posisi ke-43 dengan nilai 610 juta dollar AS. Arini merupakan anak sulung dari konglomerat Benny Subianto yang telah meninggal dunia pada tahun 2017 lalu.

Kini, Arini merupakan Presiden Direktur dari perusahaan holding milik keluarga, Persada Capital Investama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagian besar portofolio investasi perusahaan adalah di bidang sawit, karet, hingga batu bara. Portofolio Persada salah satunya adalah di Adaro Energy. Selain itu, lewat Persada Arini juga berinvestasi di perusahaan rintisan atau startup sejak tahun 2017.

Adapun Iwan Lukminto, yang menduduki posisi ke-49 di dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia memiliki nilai kekayaan 515 juta dollar AS. Dirinya merupakan anak tertua dari HM Lukminto, pendiri Sritex Group.

Baca juga: Harta 50 Orang Terkaya RI Merosot Rp 22,6 Triliun di Tengah Pandemi

Iwan telah akrab dengan bisnis Sritex yang berfokus di bidang tekstil sejak tahun 1997. Perusahaan yang juga melantai di bursa itu pun turut memproduksi masker serta alat pelindung diri (APD) sejak pandemi Covid-19. Selain bisnis tekstil, Sritex juga memiliki 10 hotel yang berada di Solo, Yogyakarta, dan Bali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.