Kompas.com - 11/12/2020, 16:11 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS menguat di pasar spot pada Jumat (11/12/2020).

Melansir Bloomberg, rupiah menguat 25 poin (0,18 persen) pada level Rp 14.080 per dollar AS dibandingkan penutupan sebelumnya Rp 14.106 per dollar AS.

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan, sentimen pendistribusian vaksin Covid-19 direspons positif oleh pasar. Pasar menilai, vaksin Covid-19 mampu mendorong pemulihan ekonomi di Indonesia.

“Walaupun data eksternal mendukung ke arah negatif namun pelaku pasar optimis, ekonomi Indonesia akan kembali bangkit sehingga arus modal asing kembali masuk di pasar dalam negeri, terlihat dari menguatnya rupiah,” kata Ibrahim melalui siaran pers.

Baca juga: Sektor Keuangan Syariah RI Dinilai Masih Memiliki Kendala

Hadirnya vaksin Covid-19 diramalkan akan mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih baik pada kuartal IV tahun 2020. Meskipun terjadi kontraksi, namun tidak terlalu dalam karena pemerintah bisa melonggarkan PSBB dari Masa Transisi ke masa New Normal secara nasional.

Sementara dari sisi eksternal, negosiasi antara Partai Demokrat dan Republik di AS, atas langkah-langkah stimulus terus berlanjut dan berpacu dengan waktu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell telah menyatakan dukungan untuk proposal Menteri Keuangan Steven Mnuchin senilai 916 miliar dollar AS. Namun, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Nancy Pelosi, mendukung rencana alternatif senilai 908 miliar, yang masih disusun oleh anggota parlemen.

Baca juga: Gerakan Cenderung Terbatas, IHSG Akhir Pekan Ditutup Naik Tipis



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.