Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Distribusi Vaksin Covid-19 Dorong Rupiah Menguat

Kompas.com - 11/12/2020, 16:11 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS menguat di pasar spot pada Jumat (11/12/2020).

Melansir Bloomberg, rupiah menguat 25 poin (0,18 persen) pada level Rp 14.080 per dollar AS dibandingkan penutupan sebelumnya Rp 14.106 per dollar AS.

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan, sentimen pendistribusian vaksin Covid-19 direspons positif oleh pasar. Pasar menilai, vaksin Covid-19 mampu mendorong pemulihan ekonomi di Indonesia.

“Walaupun data eksternal mendukung ke arah negatif namun pelaku pasar optimis, ekonomi Indonesia akan kembali bangkit sehingga arus modal asing kembali masuk di pasar dalam negeri, terlihat dari menguatnya rupiah,” kata Ibrahim melalui siaran pers.

Baca juga: Sektor Keuangan Syariah RI Dinilai Masih Memiliki Kendala

Hadirnya vaksin Covid-19 diramalkan akan mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih baik pada kuartal IV tahun 2020. Meskipun terjadi kontraksi, namun tidak terlalu dalam karena pemerintah bisa melonggarkan PSBB dari Masa Transisi ke masa New Normal secara nasional.

Sementara dari sisi eksternal, negosiasi antara Partai Demokrat dan Republik di AS, atas langkah-langkah stimulus terus berlanjut dan berpacu dengan waktu.

Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell telah menyatakan dukungan untuk proposal Menteri Keuangan Steven Mnuchin senilai 916 miliar dollar AS. Namun, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Nancy Pelosi, mendukung rencana alternatif senilai 908 miliar, yang masih disusun oleh anggota parlemen.

Baca juga: Gerakan Cenderung Terbatas, IHSG Akhir Pekan Ditutup Naik Tipis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com