Kompas.com - 12/12/2020, 13:50 WIB
Garibaldi Thohir Go-JekGaribaldi Thohir

JAKARTA, KOMPAS.com - Di penghujung tahun 2020, Majalah Forbes kembali merilis daftar 50 orang terkaya di Indonesia. Sebagian besar para taipan teratas masih didominasi wajah-wajah lama.

Munculnya pandemi virus corona atau Covid-19 membuat setengah dari 50 orang terkaya di Indonesia mengalami penurunan kekayaan dibanding tahun lalu.

Terlepas dari itu, kekayaan kolektif pengusaha super kaya RI hanya turun 1,2 persen menjadi 133 miliar dollar AS. Nilainya setara dengan Rp 1.875 triliun (kurs Rp 14.100 per dollar AS).

Forbes juga mengeluarkan daftar orang-orang paling kaya dengan usia paling muda. Berikut ini daftar profil 5 orang terkaya paling muda di Indonesia:

Baca juga: Tiga dari 50 Orang Terkaya di Indonesia Berusia 40 Tahunan, Siapa Saja?

1. Ciliandra Fangiono

Di usianya yang baru 44 tahun, Ciliandra menempati posisi ke-30 orang terkaya Indonesia dan berada di urutan pertama dalam kategori usia paling muda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sumber kekayaan terbesarnya berasal dari perkebunan sawit. Dia merupakan generasi kedua yang mewarisi perusahaan sawit dari ayahnya, Martias.

Ciliandra merupakan CEO First Resources Ltd, perusahaan yang tercatat di bursa efek Singapura yang banyak menguasai ratusan ribu hektar lahan sawit di Indonesia.

First Resources sendiri dirintis ayahnya sejak dua dekade silam. Perusahaan ini memiliki puluhan pabrik pengolahan sawit yang banyak tersebar di Sumatera dan Kalimantan.

Dikutip Kompas.com dari catatan Forbes, Sabtu (12/12/2020), total pundi-pundi kekayaannya sebesar 1,05 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 14,86 triliun.

Baca juga: 4 Orang Kaya Pemilik Rumah Sakit Mewah di Indonesia

Halaman:


Sumber Forbes
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.