Daftar 3 Daerah dengan Biaya Hidup Termahal di Indonesia

Kompas.com - 14/12/2020, 12:27 WIB
Sebanyak 56 tabung Elpiji 3 Kg yang dijual pengecer, disita oleh Disperindag Batam dan Pertamina MOR I. DOK PERTAMINA MOR ISebanyak 56 tabung Elpiji 3 Kg yang dijual pengecer, disita oleh Disperindag Batam dan Pertamina MOR I.

JAKARTA, KOMPAS.com - Biaya hidup di sebuah kota memengaruhi kesejahteraan para penduduknya. Sebabnya, tingkat tingginya hidup akan mempengaruhi biaya yang dikeluarkan, terutama yang terkait kebutuhan pokok berupa sandang, pangan, dan papan.

Di Indonesia, setiap deerah memiliki tingkat biaya hidup yang berbeda-beda. Badan Pusat Statistik (BPS) merilis daerah-daerah dengan biaya hidup termahal di Indonesia.

Survei BPS ini sendiri didasarkan atas formula pengeluaran rata-rata per bulan per penduduk, bukan berdasarkan harga-harga barang.

Sehingga meskipun harga sejumlah kebutuhan pokok di berbagai daerah lebih tinggi seperti di pegunungan Papua atau pelosok daerah lainnya, biaya hidup per kapita hanya dihitung dari pengeluarannya saja. 

Baca juga: 7 Daerah dengan Biaya Hidup Paling Rendah di Indonesia

Berikut ini daftar 3 daerah dengan biaya hidup termahal di Indonesia dikutip dari laman resmi BPS, Senin (14/12/2020).

1. DKI Jakarta

DKI Jakarta ditetapkan BPS sebagai daerah dengan biaya hidup paling mahal di Indonesia. Sebagai pusat pemerintahan dan pusat bisnis, menjadikan Jakarta sebagai provinsi terpadat di Indonesia.

Hal ini berpengaruh pada biaya hidup yang tinggi, terutama terkait kebutuhan tempat tinggal. Biaya hidup per kapita sebagaimana dicatat BPS di DKI Jakarta yakni sebesar Rp 2.156.112 per bulan.

"Pengeluaran bukan makanan satu orang penduduk DKI Jakarta sebanding dengan empat orang penduduk NTT," tulis BPS dalam keterangannya.

2. Kepulauan Riau

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X