Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Changi Bakal Jadi Pusat Distribusi Vaksin ke Asia Tenggara

Kompas.com - 15/12/2020, 07:38 WIB
Fika Nurul Ulya,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

Sumber Nikkei

TOKYO, KOMPAS.com - Bandara Changi, Singapura, bakal menjadi pusat distribusi vaksin Covid-19 untuk Asia Tenggara.

Singapura kini tengah meningkatkan kapasitas pendinginnya dan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Changi Ready Task Force untuk mengawasi proyek tersebut.

Mengutip Nikkei Asia, Selasa (15/12/2020), Changi Ready Task Force merupakan konsorsium dari 18 perusahaan, termasuk Otoritas Penerbangan Sipil Singapura dan operator bandara, Changi Airport Group.

Baca juga: Airlangga Harap BPOM Segera Keluarkan Izin Penggunaan Darurat Vaksin Sinovac

Misi satgas adalah meningkatkan fasilitas dan meningkatkan koordinasi di seluruh industri dan memperlancar proses pengiriman vaksin Covid-19.

Jasa kargo untuk pengiriman vaksin ini berdampak baik untuk industri penerbangan lokal, yakni menopang kinerja industri yang tertekan akibat kurangnya lalu lintas udara menyusul karantina wilayah (lockdown) akibat Covid-19.

Pengiriman produk-produk medis bukan hal baru bagi Bandara Changi. Dalam beberapa tahun terakhir, bandara internasional itu telah berkutat dalam bisnis kargo produk kesehatan.

Untuk vaksin Covid-19, perusahaan telah menetapkan belanja modal secara independen. Nantinya Changi Airport akan berfungsi sebagai pusat pengiriman vaksin yang berasal dari wilayah seperti AS dan Eropa.

Dua vaksin yang segera didistribusi ke beberapa negara membutuhkan suhu yang sangat dingin. Vaksin Pfizer dan BioNTech misalnya, harus disimpan pada suhu -70 C.

Sedangkan vaksin yang dikembangkan Moderna harus disimpan pada suhu -20 C.

Menurut Changi Airport Group, vaksin tersebut akan didistribusikan ke Asia Tenggara dan Oseania. Pengaturan ini akan mendukung kota-kota terpencil di Asia Tenggara yang tertinggal dalam pembangunan infrastruktur logistik.

Memang, Changi telah berkembang menjadi pusat Asia yang menghubungkan wisatawan Barat dan Asia ke negara penjuru dunia.

Sayangnya, pandemi menyebabkan seluruh dunia memberlakukan kontrol perbatasan yang berdampak pada lalu lintas penumpang turun sejak Maret.

"Setelah vaksin didistribusikan, perjalanan udara akan pulih kembali, yang akan mengarah pada pemulihan lalu lintas penumpang," pungkas Direktur Pelaksana Changi Airport Group, Lim Ching Kiat.

Baca juga: BPKN Usul Harga Vaksin Covid-19 Paling Mahal Rp 100.000

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Nikkei
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com